Mohon tunggu...
instaPorta ID
instaPorta ID Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Endorse Artis vs Endorse Selebgram, Lebih Suka Mana?

19 Juni 2017   11:39 Diperbarui: 19 Juni 2017   11:46 4158
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kreatifitas memang akan menciptakan peluang yang tiada habisnya. Salah satu yang dapat kita lihat adalah kreatifitas dalam memanfaatkan sosial media khususnya Instagram dalam meraup penghasilan. Instagram yang sejatinya berfungsi sebagai media untuk mengekspresikan diri lewat foto atau video, nyatanya beralih menjadi tempat untuk berpromosi bagi banyak brand dan online shop (sebelum ada profil bisnis Instagram). Selain itu, ada juga yang memanfaatkan Instagram sebagai ajang meraup penghasilan lewat sistem endorsement (endorse), entah endorse artis maupun endorse selebgram.

Endorse artis adalah salah satu cara favorit dalam beriklan. Hal ini saya ketahui saat masih aktif mengikuti salah satu managemen yang menangani seputar endorse artis. Walaupun artis banyak yang menetapkan tarif tinggi (berkisar jutaan sampai belasan juta rupiah sekali post), nyatanya kuota yang tersedia untuk beriklan laris manis, bahkan banyak yang kehabisan dan akhirnya managemen harus merefund uang pendaftaran dari online shop yang terlanjur masuk. Salah satu daya tariknya adalah perolehan omset setelah beriklan biasanya akan melesat tajam. Hal ini saya ketahui dari banyaknya testimonial yang ada.

Hal di atas tentunya terasa sangat menggiurkan untuk dicoba, tapi apa daya jika budget iklan kita pas-pasan? Tentunya harus berpikir untuk mencari alternatif lain, salah satunya adalah dengan mencoba endorse selebgram. Selebgram (istilah untuk menyebut non publik figur yang populer di Instagram) juga tak kalah laris digaet brand-brand ternama atau online shop untuk beriklan. Salah satu magnet terbesarnya adalah karena tarif yang dipatok selebgram biasanya jauh lebih murah dibanding artis, bahkan tak jarang yang tak mematok tarif alias gratis!

Ingin mencoba endorse artis atau endorse selebgram? Berikut ini kami rangkum kelebihan dan kekurangannya masing-masing, khusus untuk Anda.

  • Endorse Artis

Kelebihan:

Ditangani managemen profesional, endorse produk sudah pasti dilakukan

Meningkatkan kredibilitas (semacam: "Artis saja pakai, masa kamu enggak?")

Followers banyak (biasanya jutaan -- puluhan juta)

Hasil pada umumnya lebih cepat terlihat

Kekurangan:

Biaya mahal (jutaan - puluhan juta rupiah)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun