Kesehatan

Si Dingin ISTP Kata Mereka

14 September 2017   20:12 Diperbarui: 14 September 2017   20:19 330 1 0
ISTP -- Introvert, Sensing, Thinking, Perceiving

ISTP adalah orang-orang yang pintar dan berani.

Mereka dikenal pendiam dan nggak kenal takut, namun cerdas dalam menghadapi krisis. Mereka memiliki pemikiran khas introvert yang mampu berpikir secara dalam, dan mengambil keputusan secara obyektif.

ISTP pandai dalam banyak hal. Punya konsentrasi yang bagus dan cepat beradaptasi, membuat mereka bisa bekerja di banyak bidang.

Orang ISTP sebaiknya tidak dikekang; mereka menyukai kendali penuh. Kalau bisa sih kerja di pekerjaan yang waktunya fleksibel.

Mereka tipe yang sebenarnya bisa belajar, tapi nggak suka. Buat mereka praktik langsung jauh lebih baik dibandingkan teori. Bahkan, mereka tipe-tipe jalanan; berkembang dengan sendirinya tanpa baca-baca buku atau ikut seminar, apalagi kuliah. Bagi ISTP, mikir jangan lama-lama: yang penting ACTION!

Dalam hubungan, ISTP adalah orang yang sulit didapat. Orang ISTP kadang-kadang dengan sengaja menarik perhatian lawan jenis, sebelum kemudian hilang tanpa kabar.

Tapi bukan berarti semua ISTP adalah petualang cinta. Mereka juga bisa berkomitmen, asalkan tetap dikasih ruang untuk sendiri. ISTP suka hal-hal baru. Selama pasangannya nggak ngebosenin, hubungan akan baik-baik aja sih.

ISTP senang memperbaiki. Makanya, dalam hubungan kadang dia cari-cari masalah, supaya dia punya sesuatu untuk diperbaiki.

ISTP tipe yang suka mendengar, tapi kurang terbuka. ISTP juga tipe penggali informasi. Pendapatnya dia pendam sendiri. Bahkan bila ditanya sesuatu, ISTP menjawab dengan bertanya balik. ISTP mengambil informasi dari orang tapi enggan membagi informasi miliknya.

Kebanyakan kepribadian ISTP takut menghadapi perasaannya. Mereka dikuasai oleh logika, sehingga fungsi perasanya kurang berkembang. Ini menyebabkan ISTP cenderung rapuh, dan akan jatuh bila berusaha mengendalikan emosi.

Bahkan bila ISTP jatuh cinta pada orang lain, ia sulit menyatakannya. Kalau menyatakannya pun kadang caranya keterlaluan atau malah keliru. Tapi jangan terlalu geer bila ditaksir ISTP. Cintanya naik turun; hari ini bilang cinta mati, besok hilang tanpa jejak.

Butuh perjuangan bagi ISTP untuk berhubungan sakral seperti menikah. Pernikahan akan menggadaikan zona nyamannya; kesendirian dan kebebasannya harus direlakan. Namun, bila ISTP menemukan orang yang tepat, ia akan menggadaikan apapun.

Tokoh ISTP: Bob Sadino, Jack Dorsey, saya;