Mohon tunggu...
Agatha Carolina
Agatha Carolina Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Produktif melalui karya untuk sesama

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Ice Cream Blackpink dan Selena: Strategi Terselubung untuk Memenangkan Pasar Global

11 Desember 2020   17:23 Diperbarui: 11 Desember 2020   17:29 58 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ice Cream Blackpink dan Selena: Strategi Terselubung untuk Memenangkan Pasar Global
Blackpink dan Selena Gomez, Sumber: YouTube/YG Official

Musik, penyanyi, serta grup band Korea semakin menunjukkan eksistensinya dari tahun ke tahun dengan berbagai pencapaian baru. Tahun 2020 dengan polemik Pandemi Covid-19 bahkan tidak mampu menghambat pertumbuhan pesat industri musik K-Pop. 

Blackpink berhasil membawakan kesuksesan pada comeback single mereka berjudul 'How You Like That'. Video musik lagu tersebut telah ditonton sebanyak 86,3 juta kali hanya dalam kurun waktu 24 jam saja (McIntyre, H., 2020). 

Pada tanggal 31 Agustus lalu, BTS menjadi grup Korea pertama yang berhasil mendapatkan urutan teratas dalam Billboard Hot 100 dengan lagunya yang berjudul 'Dynamite' (Spence, K., M., 2020). 

Ketenaran musik K-Pop salah satunya dipengaruhi oleh globalisasi dan digitalisasi. Para era modern ini, setiap industri berkembang secara dinamis dikarenakan adanya peluang partisipasi yang tinggi oleh khalayak. Kini khalayak dapat berinteraksi dan menciptakan konten untuk mendukung para idol. 

Perkembangan musik K-Pop dengan basis penggemar yang semakin besar di seluruh dunia pada akhirnya memengaruhi arus tren musik populer. Tren musik populer yang pada awalnya didominasi oleh para pemusik negara Barat kini telah mengalami pergeseran yang disadari oleh musisi serta perusahaan musik internasional. 

Untuk dapat mempertahankan ketenaran dan memperoleh pasar penggemar baru maka tampak bahwa para musisi negara Barat mulai menerapkan strategi keterbukaan terhadap tren K-Pop. 

Salah satu bentuk keterbukaan dilakukan oleh Selena Gomez yang melakukan kolaborasi bersama Blackpink pada tahun 2020 dengan lagu berjudul 'Ice Cream'. Salah satu kolaborasi yang menarik perhatian masyarakat internasional adalah kolaborasi antara Selena Gomez dengan Blackpink yang berjudul 'Ice Cream'. 

Selain jumlah penonton video musik yang mombastis dalam periode 24 jam penayangannya di Youtube, singel 'Ice Cream' juga menempati posisi atas tangga lagu iTunes di 38 negara (Rura, C., 2020).

Apabila didalami lebih jauh, maka kolaborasi yang dilakukan tersebut bukan hanya semata-mata ingin menggabungkan dua musisi besar industri musik tetapi juga dilakukan sebagai bentuk strategi bisnis. 

Selena Gomez merupakan musisi yang berada dalam kontrak dengan konglomerat perusahaan musik yaitu Universal Music Group. Kolaborasi antara Selena dengan Blackpink terjadi tentu dengan arahan dari perusahaan musik global tersebut. 

Universal Music Group (UMG) kerap melakukan berbagai strategi untuk mempertahankan popularitas para artis di bawah naungannya dan tetap mendominasi pasar musik global. Salah satu strategi yang dilakukan yaitu kolaborasi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN