Mohon tunggu...
Krisdania Agaperesa
Krisdania Agaperesa Mohon Tunggu... Petani - Mahasiswa

ūüĆĺ

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Sumber Energi Terbarukan Biodiesel dari Mikroalga

5 Oktober 2017   21:39 Diperbarui: 16 Agustus 2022   12:10 3085 2 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi energi alternatif, terbarukan. (SHUTTERSTOCK via kompas.com)

Ketergantungan akan penggunaan bahan bakar fosil yang terus menerus seperti minyak bumi menyebabkan jumlah bahan bakar fosil mulai terbatas dan memberikan dampak yang sangat besar bagi kehidupan. 

Untuk menyikapi hal tersebut diperlukan sumber energi terbarukan yaitu dengan cara mengembangkan bahan bakar alternatif ramah lingkungan seperti biodiesel.

Biodiesel merupakan bahan bakar yang terdiri dari campuran mono-alkyl ester dan asam lemak, yang terbuat dari minyak nabati atau lemak hewani yang diperoleh dari proses transesterifikas dan memiliki sifat menyerupai minyak diesel. 

Sebagai sumber energi pengganti di masa yang akan datang salah satunya adalah dengan cara memanfaatkan mikroalga. 

Mengapa memilih mikroalga sebagai pengganti sumber energi? Karena mikroalga memiliki kandungan minyak yang tinggi dan mengandung berat molekul yang tinggi serta energi yang dihasilkan dari pembakaran minyak mikroalga.

Setara dengan bahan bakar diesel selain itu mikroalga dapat tumbuh dengan cepat sehingga dengan kualitas dan kecepatan tumbuh mikroalga berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai pengganti sumber energi dimasa yang akan datang.

Dari berbagai variasi mikroalga menyebabkan karakteristik biodiesel yang dihasilkan juga beragam dan akan membuat kandungan asam lemak pada mikroalga juga bervariasi. 

Bahan baku biodiesel adalah hidrokabon sehinnga spesies mikroalga  Botryococcus braunii  dipilih sebagai bahan baku hidrokarbon karena Botryococcus braunii memiliki kandungan hidrokarbon yang tinggi diantara spesies mikroalga yang lain. 

Budidaya Botryococcusbrauniimembutuhkan air, cahaya, CO2 dan bahan-bahan anorganik lain sebagai sumber nutrisi. Selain itu, untuk meningkatkan produktivitas budidaya Botryococcus braunii dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti pH, suhu, dan salinitas yang optimum.

Biodiesel sebagai sumber energi terbarukan memiliki beberapa keuntungan, antara lain adalah bahan baku biodiesel dapat diperbarui, sehingga biodiesel lebih aman dalam penyimpanan, dapat melindungi dan digunakan pada semua jenis mesin diesel tanpa memerlukan modifikasi mesin,serta dapat mengurangi polusi karena biodiesel bersifat ramah lingkungan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan