Mohon tunggu...
Mukhtaruddin Yakob
Mukhtaruddin Yakob Mohon Tunggu... Pekerja Media -

Saya seorang pekerja Pers untuk sebuah media televisi. Gemar menulis dan suka diskusi

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Belanja Online, Solusi Masa Paceklik

30 November 2017   21:51 Diperbarui: 1 Desember 2017   00:36 434
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Image result for travel online


Sebagai seorang pekerja media, bepergian dan memesan tiket sesuatu yang mungkin agak merepotkan. Apalagi jadwalnya sangat dekat dengan agenda dan susahnya mendapatkan tiket murah dan mudah membayarnya.

Pengalaman yang saya alami tahun lalu atau tepatnya November 2016. Ada jadwal untuk pergi ke Pekanbaru, Riau menghadiri sebuah agenda yakni Festival Media yang diselenggarakan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia.

Acara tahunan yang dilangsungkan di Riau menjadi ajang promosi dan berbagi pengalaman sesama jurnalis atau wartawan dari seluruh Indonesia. Agenda itu pun penting untuk mendapatkan pengetahuan dan ilmu baru tentang media dan berbagai platformnya.

" Bang, tolong dipesan tiket saya ya," pinta teman.

Saya ditugaskan seorang teman untuk memesan tiket pesawat tujuan Pekanbaru via online untuk tiga calon penumpang. Saya pun menyanggupi sembari membuka beberapa situs yang menjual beragam produk termasuk tiket pesawat. Memang, saya membuka beberapa situs yang melayani pembelian via internet. Namun belum ada yang sesuai.

 Meskipun yaris putus asa, selain harga yang hampir sama dengan travel, pilihannya pun tak begitu banyak, saya pun mencoba mengakses situs penjualan tiket online  yang selama ini sudah sering digunakan kalangan netizen.

Entah mengapa, saya pun mencoba membuka situs belanja online  setelah menyaksikan beberapa informasi termasuk iklan di televisi. Ternyata, saya pun sumringah karena akses yang mudah dan mendapatkan harga yang agak miring.

Setelah mendapatkan harga yang sesuai, saya pun mendapatkan notifikasi tentang diskon harga tiket via Aplikasi travel online. Tanpa pikir panjang, saya pun memasang aplikasi travel online di smartphone saya demi mendapatkan potongan harga. Mengunduh aplikasi travel online  di telepon pintar saya juga sangat gampang. Hanya beberapa menit, aplikasi pun terpasang.

Awalnya saya ragu tentang promosi Aplikasi belanja online. Tapi setelah saya booking, ternyata benar, saya mendapatkan potongan harga hingga Rp 150.000 untuk tiga tiket yang saya pesan. Untuk nilai nominal tak sampai Rp 2.000.000, diskon sebanyak itu   tentu sangat. Hebatnya lagi, saya bisa melunasi tagihan tiket hanya melalui smartphone sambil santai bersama keluarga.

Potongan harga ini bagi saya sangat bermakna. Selain terbatasnya dana untuk terbang ke Pekanbaru, dana tersebut bisa digunakan untuk dana traspor lokal dan jajan selama di jalan. Apalagi  jadwal perjalanan kami tempo hari bertepatan dengan akhir bulan alias masa paceklik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun