Mohon tunggu...
Afzil Ramadian
Afzil Ramadian Mohon Tunggu... Lainnya - Aparatur Sipil Negara di Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen LABORA

Saya sebagai orang yang suka berbagi informasi

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Potensi yang Tersimpan di Rawa Inggun

26 November 2022   16:30 Diperbarui: 26 November 2022   16:42 194
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perikanan dan sumber daya ikan perairan umum adalah sumber protein yang mudah diakses dan dapat dimanfaatkan secara langsung oleh banyak kalangan masyarakat. Berbeda dengan sumber daya ikan perairan laut yang sebagian besar diakses oleh industri dan pasar (usaha) perikanan.

Meskipun dalam posisi yang penting sebagai sumber nutrisi bagi masyarakat, ikan perairan daratan kurang mendapat perhatian dalam pengelolaannya, dikarenakan oleh minimnya data yang tersedia dan juga kecilnya volume produksi ikan itu sendiri. Rentannya sumber daya ikan daratan, akibat sangat sensitifnya keberadaan sumberdaya ini pada perubahan lingkungan dan aktivitas di sekitar badan airnya. 

Berbagai perkembangan aktivitas manusia seperti pertanian, perkebunan, industri, transportasi, pariwisata dan perubahan pemanfaatan lahan, menjadi faktor dominan berubah dan terancamnya keberadaan sumberdaya ikan ini (Muthmainnah & Gaffar, 2017).

Dikawasan Kabupaten Merauke mempunyai sumberdaya alam yang berlimpah yang didukung oleh banyaknya rawa-rawa, salah satunya adalah Rawa Inggun Kampung Wayau yang merupakan rawa terbesar di Distrik Animha Kabupaten Merauke. 

Rawa Inggun terletak di Kampung Wayau Distrik Animha Kabupaten Merauke, mempunyai Luas Wilaya Perairan sebesar 8 Km. 

Kabupaten Merauke secara geografis berada di antara titik koordinat 137030-141000 Bujur Timur dan 5000-9000 Lintang Selatan 46,791,63 Km2 terletak di bagian Selatan Provinsi Papua, memiliki panjang garis pantai 677,96 Km serta memiliki rawa seluas 1.425.000 km (Laporan Tahunan Dinas Perikanan Kabupaten Merauke, 2021), dari hasil diskusi dengan masyarakat setempat kedalaman pada Rawa Inggun tertinggi berada yaitu 15 -- 11 m. 

Rawa ini merupakan penghubung antara desa/kampung Koa, Senegi, Kaisa dan memiliki pola aliran rawa yang bervariasi mulai dari Distrik Muting Kabupaten Merauke

Foto. Lokasi Rawa Inggun. Foto Afzil

Dokpri
Dokpri

Foto. Panorama Rawa Inggun. Foto Afzil

Rawa Inggun merupakan rawa terbesar di kampung Wayau dan terdapat berbagai jenis ikan, dan tumbuhan air. Jenis ikan yang terdapat di rawa Inggun yaitu Jenis ikan air rawa yang berada di Rawa Inggun Kampung Wayau di antaranya ikan Kakap Putih (Lates calcarifer), Sembilang Kuning (Plotosus papuensis), Duri Mata Kecil (Arius spatula), Sumpit (Stongylurakreffti), Gabus (Oxyeleotris sp.), Tulang (Nematalosa papuensis), Nila (Oreochromis niloticus), ikan Lidah (Cynoglossuslingua), ikan Kakap Batu (Labotes surinamensis), dan ikan Kakap Hitam (Lobotes surinamensis), (Wibowo et al, 2015) dan juga terdapat tumbuhan air yaitu kangkung, rumput miang,  pohon bush, teratai, dan eceng gondok.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun