Mohon tunggu...
Afviya Nabila
Afviya Nabila Mohon Tunggu... freelancer

masih mencari jalannya di balik layar dan papan huruf

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Foto Hajar Aswad Rilis, Apa yang Anda Ketahui Tentangnya?

5 Mei 2021   08:37 Diperbarui: 5 Mei 2021   08:48 154 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Foto Hajar Aswad Rilis, Apa yang Anda Ketahui Tentangnya?
Penampakan Hajar Aswad Dari Dekat Berdasarkan Foto yang Baru Saja Diambil Pemerintah Arab Saudi (twitter.com/reasahalharmain)

Bagi umat muslim terutama yang telah mampu melaksanakan ibadah umrah dan haji tentu mengetahui tentang keberadaan Hajar Aswad. Batu yang konon berasal dari surga ini diketahui memiliki kemuliaan tertentu bagi umat Islam. 

Muslim yang melakukan umrah dan haji selalu berusaha agar memperoleh kesempatan untuk menyentuh bahkan mencium Batu Hajar Aswad.

Baru-baru ini, Pemerintah Arab Saudi akhirnya mendokumentasikan penampakan Hajar Aswad saat ini. Foto dengan resolusi tinggi pun diperoleh menggunakan teknologi Fox Stack Panorama. 

Dikutip dari portal Skynewsarabia, foto dengan resolusi 4900 megapiksel diperoleh dari pengambilan 1500 foto Hajar Aswad dalam kurun waktu 7 jam yang kemudian mengalami proses pengerjaan selama lebih dari 50 jam. 

Lantas mengapa Pemerintah Arab Saudi sampai mendokumentasikan Hajar Aswad seistimewa ini? Bagaimana Hajar Aswad dapat memiliki kemuliaan dalam Islam? Yuk, kita cari jawabannya bersama melalui ulasan berikut ini.

1. Sejarah Hajar Aswad

Ilustras ibadah tawaf mengelilingi Ka'bah (kompas.com/shutterstock)
Ilustras ibadah tawaf mengelilingi Ka'bah (kompas.com/shutterstock)
Keberadaan Hajar Aswad bermula pada zaman Nabi Ibrahim diperintahkan oleh Allah SWT untuk membangun Ka'bah (QS Al-Baqarah [2]: 125-128), dimana Ka'bah akan digunakan sebagai rumah ibadah kepada Allah SWT. 

Ketika terdapat satu sisi yang masih kosong pada Ka'bah, Nabi Ibrahim meminta anaknya Nabi Ismail untuk mencari batu. Hajar Aswad pun diturunkan melalui Malaikat Jibril kepada Nabi Ismail. Nabi Ibrahim yang senang memperoleh batu tersebut segera menciuminya beberapa kali.

Ketika Hajar Aswad akan ditempatkan, keduanya mengitari Ka'bah (tawaf) terlebih dahulu sebelum meletakkan Hajar Aswad pada salah satu sisi Ka'bah. Hajar Aswad pun menjadi tempat yang menandai dimulai dan diakhirinya tawaf hingga saat ini.

2. Hajar Aswad Awalnya Bukan Berwarna Hitam

Konon katanya Hajar Aswad tidaklah berwarna hitam, namu memiliki warna putih bersih seperti susu. Hal ini diungkapkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dan Ahmad yang artinya :

Dari Ibnu 'Abbas radhiyallahu 'anhuma, Rasulullah SAW bersabda, "Hajar Aswad turun dari surga dalam kondisi putih yang lebih putih dari pada susu. Dosa-dosa manusia lah yang telah menjadikannya berwarna hitam".

Batu ini pun dinamakan Hajar Aswad karena secara harfiah Hajar memiliki arti "batu" dan Aswad memiliki arti "hitam" sehingga diartikan sebagai batu hitam yang berasal dari surga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x