Mohon tunggu...
Muhammad Afsal Fauzan S
Muhammad Afsal Fauzan S Mohon Tunggu... Jurnalis - Wartawan, Penulis Konten, Podcaster

Wartawan tanpa kepala.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Cara Mengembangkan Potensi Diri bagi Anak Muda

3 November 2021   00:54 Diperbarui: 3 November 2021   00:57 345 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Mengembangkan potensi diri pada dasarnya punya cara yang mudah. Hal ini perlu diketahui oleh anak muda karena kita yang akan menjadi penerus bangsa ini. Mencari jati diri sudah menjadi hal yang wajib kita lakukan, sehingga kita tidak lagi harus bertumpu pada orang lain dalam mengembangkan berbagai bakat yang ada dalam diri.

Setiap manusia memiliki potensi di dalam diri masing-masing, dan setiap orang memilik cara tersendiri untuk mengembangkan itu semua. Namun, bagi beberapa orang, menggali bakat dan potensi dalam diri adalah hal yang sulit. Oleh karena itu, perlu ada orang yang sudah memiliki pengalaman dan mau berbagi terhadap sesama. Dengan demikian, bisa membantu mereka yang masih kesulitan mencari bakat dan potensinya.

Kaum muda adalah harapan jangka panjang, tidak hanya bagi Indonesia tapi seluruh dunia. Milenial yang kini melahirkan banyak inovasi dan cara-cara kreatif dalam berkarya adalah contoh orang yang sudah paham akan potensinya. Seperti membuat konten, aktif di organisasi lingkungan, dan lain sebagainya.

Namun, ada kalanya potensi diri sulit untuk dimunculkan. Biasanya hal ini terjadi karena kurangnya stimulus terhadap diri sendiri. Serta, perlu membangun kemauan dan kesadaran dalam diri kita agar bisa memahami apa yang dibutuhkan untuk hidup. Selain itu, faktor lingkungan pun ikut memengaruhi, lingkungan yang buruk akan membuat seseorang kesulitan mengembangkan bakatnya.

Kali ini saya mengumpulkan beberapa cara mengembangkan potensi diri sesuai dengan apa yang sudah lakukan dan alami. Hal ini mungkin tidak akan cocok dengan semua orang, namun saya sangat berharap pengalaman saya bisa menjadi pencerahan bagi mereka yang masih kesulitan untuk mencari jati dirinya.

Maka dari itu, saya pun meminta saran dan kritiknya melalui kolom komentar agar saya bisa membuat tulisan yang bisa bermanfaat secara universal. Tidak hanya untuk beberapa kalangan saja. Selain itu, jangan jadikan tulisan saya sebagai literatur utama. Saya yakin ada banyak referensi yang bisa dibaca dan tentunya lebih baik daripada apa yang saya tulis.

Cara Mengembangkan Potensi Diri

Hal pertama yang saya lakukan adalah melakukan segala kegiatan yang ada di lingkungan saya. Pembaca bisa melihat di lingkungan tempat tinggal, jika ada kegiatan olahraga, pengajian, kepemudaan, dan lain sebagainya, bisa dicoba untuk bergabung dan mengikutinya. Hal ini berguna untuk mencari tahu di mana rasa nyaman kita itu berada.

Namun, dalam tahap ini, tetap saja kita harus berupaya semaksimal mungkin untuk mengerjakan sesuatu dengan baik. Jangan hanya karena ketidaknyamanan sesaat ktia langsung menyerah. Kita harus berganti kegiatan, ketika memang rasa tidak nyaman itu sudah terlalu banyak menyakiti diri sendiri.

Selanjutnya, setelah kita merasakan kenyamanan dalam satu kegiatan atau lebih, cobalah untuk tetap fokus dalam kegiatan itu. Misalnya, kita suka menulis atau fotografi. Cobalah untuk fokus dan mendalami bidang tersebut, cari tahu apa yang kurang dari dalam diri kita di bidang itu. Cara ini berguna untuk mengembangkan potensi diri kita yang sedang kita pupuk.

Dalam tahap ini, kita dituntut untuk konsisten. Terkadang, seorang anak muda kerap goyah konsistensinya hanya karena meliaht sesuatu yang indah padahal hal itu tidak cocok untuk kita. Tetap fokus pada apa yang kita lakukan, jadilah ahli hingga kita menemukan peluang dalam bidang itu.

Kemudian, bergabung dalam kelompok dengan kegiatan yang sama. Zaman sekekarang sudah bukan zaman individual namun kolaborasi. Dengan bergabung dengan komunitas atau organisasi yang sesuai dengan bidang yang kita dalami, kita bisa mencari tahu hal yang tidak kita ketahui selama ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan