Mohon tunggu...
Muhammad Afsal Fauzan S
Muhammad Afsal Fauzan S Mohon Tunggu... Jurnalis - Wartawan, Penulis Konten, Podcaster

Wartawan tanpa kepala.

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Manfaat Mendengarkan Radio yang Jarang Diketahui

1 November 2021   23:23 Diperbarui: 1 November 2021   23:28 377 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Mendengarkan radio mungkin kini sudah menjadi hal yang jarang dilakukan, tapi ternyata memiliki manfaat yang baik, loh. Kali ini saya ingin mengulas apa yang saya rasakan setelah perlahan beralih dari tayangan televisi ke siaran radio. Hal ini saya lakukan karena jenuhnya acara televisi saat ini.

Radio adalah salah satu media yang hanya bisa dinikmati dengan mendengarkan suara atau audio. Biasanya, di radio hanya memperdengarkan musik sebagai satu-satunya hiburan di dalamnya. Namun, seiring berkembangnya zaman banyak segmen hiburan lainnya yang bisa dinikmati.

Segmen hiburan di radio yang paling saya senangi selain musik adalah lawakan Sunda. Sejak zaman saya kecil hingga kini, acara itu tidak lekang oleh zaman. Lawakannya pun selalu lucu dan menggelitik, mungkin hal ini dikarenakan bahasan yang ada di segmen itu dekat dengan kehidupan sosial masyarakat.

Selain itu, di radio pun kita bisa mendengarkan berita yang terjadi di sekitar  kita. Hal ini tentu sama dengan yang disiarkan di televisi, bedanya kita hanya bisa mendengarkan suara. Namun, tidak jarang ada siaran live berita di radio. Unik bukan? Mungkin di kalangan sekarang hal itu unik, tapi di zaman kejayaannya siaran live radio sangat diminati.

Radio semakin redup setelah televisi mengambil alih kekuasaan media di Indonesia, bahkan dunia. Semuanya tertuju pada tayangan audio visual yang lebih interaktif. Tetapi, dalam suatu ketika, televisi bisa kalah karena bisa melakukan komunikasi dua arah dengan pendengar. Seperti, titip salam atau request lagu misalnya.

Setiap stasiun radio memiliki ciri khas tersendiri. Saya senang dengan acara pagi Prambors Radio yang lucu, tapi tidak suka dengan musik yang disiarkannya. Saya suka musik yang disiarkan I-Radio, tapi acara paginya kurang menarik. Ciri khas itu yang membuat radio masih bertahan hingga kini.

Tidak hanya itu, biasanya radio menyiarkan musik-musik yang jarang kita dengarkan, hal ini membuat kita semakin update dengan musik dalam maupun luar negeri. Namun, radio pun kerap menyiarkan musik-musik yang sedang trend saat ini.

Manfaat Mendengarkan Radio

Ada beberapa hal yang saya rasakan ketika mendengarkan radio. Pertama, adalah saya bisa mengistirahatkan mata saya. Tidak hanya dari gadget atau layar televisi. Tetapi, dari acara-acara yang minim informasi, edukasi, dan hiburan. Saat ini, acara televisi terlalu dipaksakan seperti sosial media, hal ini yang membuat televisi semakin ditinggalkan oleh kalangan muda.

Kedua, membuat telinga semakin terlatih dalam menyimak informasi. Ada kalanya kita luput menggunakan pendengaran kita, sehingga dengan mendengarkan radio kita bisa melatih pendengarkan kita agar lebih jeli dan bisa lebih fokus. Hal ini berguna kateika kita berbicara dengan orang lain, kita bisa menyerap informasi secara utuh.

Ketiga, mendengarkan radio bisa menghindarkan diri dari musik bajakan. Seperti yang kita ketahui, musik bajakan adalah musuh bersama. Bayangkan rasanya kita menghabiskan uang banyak, menguras pikiran, dan waktu, tapi karya kita dinikmati orang banyak dengan cuma-cuma hanya dengan mengunduhnya di laman bajakan.

Keempat, menambah wawasan. Mendengarkan radio bisa kita lakukan sambil mengerjakan hal-hal lainnya. Sambil mencuci, mengerjakan tugas, dan lain sebagainya. Hal ini membuat kita semakin menambah wawasan tanpa harus menghabiskan banyak waktu, terlebih bahasan yang ada di radio biasanya sangat informatif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Media Selengkapnya
Lihat Media Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan