Mohon tunggu...
Afrizal Arif Nugroho
Afrizal Arif Nugroho Mohon Tunggu... Guru - Guru

"Pergi dan Jelajahi, Dakilah Gunung" Sahabat pembelajar berkata "Pengalaman itu bukan pada puncaknya, akan tetapi pada bagaimana proses perjalannya". cobalah untuk pergi dan jelajahilah sampai kepuncak kemudian rasakan bagaimana keindahannya. Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice Layanan

26 Januari 2023   18:37 Diperbarui: 26 Januari 2023   18:49 164
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran.

PPL dilaksanakan disalah satu SMK di Jawa Barat, Tujuan yang ingin dicapai secara umum untuk Pengembangan pemahaman karir peserta didik lulusan SMK agar mudah dalam menentukan pilihan karirnya, adapun tujuan secara khususnya di sesuaikan dengan rumus Taksonomi bloom :

  • Peserta didik dapat mengidentifikasi ragam alternatif pilihan pekerjaan, pendidikan dan wirausaha setelah lulus smk melalui mind mapping (C4)
  • Peserta didik dapat mengklasifikasikan berbagai pilihan Bidang pekerjaan, pendidikan, wirausaha (A4)
  • Peserta didik dapat menentukan pilihan karirnya (P5)

Kondisi yang melatarbelakangi masalahnya yaitu setelah dilakukan analisis dari hasil eksplorasi masalah dari berbagai sumber yaitu kajian literatur, wawancara dan observasi didapatkan hasil analisis sebagai berikut :

  1. Gaya hidup remaja saat ini sangat berpengaruh.
  2. Lingkungan pertemanan dan latar belakang keluarga juga sangat berpengaruh sehingga membuat mereka bimbang dalam mengambil keputusan karir.
  3. Siswa tidak update perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkaitan dengan minat dan bakatnya.

Adapun gejala yang tampak adalah siswa tidak memiliki minat dan rasa ingin tahu tentang dunia kerja dan perkuliahan, siswa baru akan berdatangan ke ruang BK menanyakan nanti ketika waktunya sudah habis atau setelah selesai semua untuk proses pendaftaran dan pemberian informasinya. Selain itu banyak siswa juga kebingunan dalam menentukan pilihan baik dalam dunia kerja dan perkuliahan.

Sehingga penulis menyimpulkan solusi yang bisa dilakukan oleh guru BK adalah dengan memberikan layanan klasikal dengan materi ”Teknik Diskusi menggunakan media mind map” untuk mengatasi masalah kurangnya pemahaman karir yang dimiliki siswa.

Peserta didik belum dapat mengetahui tentang pemahaman karirnya baik Bekerja, Melanjutkan, Wirausaha yang akan dipilih. Sebagai seorang konselor berupaya untuk mengadakan bimbingan kepada peserta didik tentang informasi penentuan karirnya baik bekerja, melanjutkan, dan wirausaha.

Hal-hal yang menjadi tantangan yaitu diantaranya :

  • Memilih teknik dan media dalam pelaksanaan layanan yang harus disesuaikan dengan kebutuhan permasalahan yang dialami oleh peserta didik.
  • Terbatasnya waktu, harus komunikasi dan membuat janji dengan para narasumber wawancara karena padatanya kegiatan sekolah dan mengajar.
  • Terbatasnya waktu karena tetap melaksanakan kegiatan sekolah, berpartipasi dengan berbagai agenda di sekolah.
  • Dalam mengkondisikan peserta didik untuk bisa kondusif, kerjasama selama proses layanan berlangsung.
  • Menyiapkan media seperti alat perekam HP atau kamera, Infokus, laptop, kertas manila dan alat tulis untuk pembuatan mind.
  • Menyiapkan ruangan menyesuaikan dengan layanan yang akan dilaksanakan.

adapun pihak yang terlibat dalam mencapai tujuan adalah : Siswa : Sebagai penerima layanan, Wali kelas: Untuk dapat mengizinkan siswa di kelasnya, menggunakan kelas untuk pelaksanaan layanan, Rekan Sejawat : Membantu dalam proses pelaksanaan berlangsung dalam memberikan ide menyiapkan media yang pas agar tujuan tercapai, Tim IT atau Dokumentasi : Membantu proses perekaman video dan editing, Kepala Sekolah: Suport kegiatan pelaksanaan layanan, Wakasek Bid Kurikulum : Koordinasi dalam pelaksanaan layanan, Dosen dan Guru Pamong sebagai pembimbing.

Langkah langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan penulis mencari referensi berupa literatur terkait dengan masalah yang dialami, melakukan pendekatan, wawancara dengan siswa, rekan sejawat, guru bidang, wali kelas, pimpinan di sekolah, observasi siswa yang mengalami masalah. Kemudian membuat janji secara langsung untuk menjadwalkan wawancara dengan siswa, rekan sejawat, guru bidang, wali kelas, pimpinan di sekolah. Mengatur dan membuat jadwal untuk bisa melaksanakan aksi dengan lancar, menjaga kesehatan makan bergizi dan minum vitamin. Memberikan arahan, bimbingan dan kesepakatan sebelum pelaksanan layanan berlangsung dan menjaga kondisi lingkungan tempat pelaksanaan PPL. Meminta ijin dan mengkoordinasikan dengan wali kelas, rekan yang berada pada ruangan yang akan digunakan untuk proses layanan. Strategi yang digunakan : Layanan Bimbingan Klasikal dengan menggunakan media mind mapping pemahaman karir lulusan SMK

Prosesnya yang dilakukan :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun