Mohon tunggu...
Afriza DiqzaSyafanissa
Afriza DiqzaSyafanissa Mohon Tunggu... Lainnya - Aktif

PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI UIN SUNAN AMPEL SURABAYA

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Tips dan Trik saat Menanggapi Pertanyaan Dosen

27 Oktober 2021   14:44 Diperbarui: 27 Oktober 2021   14:45 26 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Semester Akhir adalah semester dimana kenyalian dan ketekadan kita diuji , kalau bahasa zaman sekarangnya itu "yang gak kuat ya bakal kena mental" gaiss hihihihi ... contohnya aja pada saat Sempro , kadang kita belum siap untuk menghadapi berbagai pertanyaan dari dosen , karena kita masih keasikkan dengan dunia semester awal yang dimana segala sesuatu nya masih membutuhkan pertolongan teman , kakak tingkat , dan lain lain hihihi ... tapi justru kita nganggep dosen ini kebanyakan tanya , killer , dan lain sebagainya. Perlu dipertanyakan juga dalam diri " apakah kita terlalu berlehai-lehai , santai , kurang memanajemen waktu , dan lain sebagainya " ? 

Dalam menghadapi sempro ini setau saya setelah membaca dari artikel atau flyer di berbagai sosial media ada beberapa pertanyaan yang paling mendasar yakni " Kenapa ambil judul penelitian ini ? ",  Kenapa Ambil Metode Penelitian ini " , Apa yang membuat penelitian ini berbeda dengan penelitian sebelumnya ?" , pertanyaannya terlihat simpel tapi kalau dipikir - pikir juga sedikit menjebak gaiss hihi , apalagi ketika kita belum siap terhadap bahan bahan yang akan kita berikan ke dosen . So , hal yang paling mendasar untuk mengatasi ini adalah Fahami dulu isi penelitian mu dan usahakan bahan yang kamu buat adalah murni dari pemikiranmu sendiri ya gaiss hihihi..  

Jangan pernah memandang dan membeda bedakan dosen ya gais , dosen A ini  killer , ga enak , gupui, ga asik dan lain sebagainya . Dosen B ini enak santai , ga terlalu gupuh atau terburu buru atau kalau bahasanya kita gupui . Dosen semua itu saja , setiap dosen memiliki kepribadian yang berbeda ( sama dengan kita) , bagaimana kita menghadapi dosen itu dan mengambil hatinya. dan setiap dosen punya target gais apa yang pingin mahasiswa itu dapatkan dan mahasiswa berikan. Dosen yang cenderung "gupui" itu justru biasanya memiliki target yang lebih tinggi dan justru lebih memperhatikan kita. 

Tetep semangat ya gais 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan