Mohon tunggu...
afrilliadwir
afrilliadwir Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hai Good People...

Saya seorang mahasiswa di bidang pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Meningkatkan Pribadi Integritas Nasional pada Generasi Milenial

7 Desember 2021   10:36 Diperbarui: 7 Desember 2021   11:11 165 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

dokpri
dokpri

         Pengertian Era Disrupsi adalah terjadinya perubahan besar-besaran .Era ini terjadi akibat adanya inovasi yang mengubah sistem tatanan perkembangan teknologi yang lebih baru.Era disrupsi ini ditandai dengan adanya perkembangan teknologi semakin maju.Dengan perkembangan teknologi dapat mempengaruhi perilaku komunikasi generasi millenial yang biasa menikmati santapan informasi melalui media massa, kini beralih ke media digital seperti media sosial.Oleh karena itu, pada era disrupsi ini diperlukan sikap atau jiwa integrasi nasional pada generasi milenial karena pada masa ini perkembangan teknologi sangat pesat sekali sehingga membuat kita sebagai generasi milenial harus bisa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa agar bangsa kita tidak mengalami konflik yang menyebabkan perpecahan.

Apa Itu Integrasi Nasional

         Istilah Integrasi Nasional berasal dari bahasa latin, yaitu “Integer” yang berarti utuh atau menyeluruh. Sedangkan jika dalam bahasa inggris “Integration” dapat diartikan sebagai kesempurnaan atau keseluruhan. Secara etimologis integrasi dapat diartikan sebagai pembauran hingga menjadi sebagai pembauran hingga menjadi satu kesatuan yang utuh atau bulat. Sedangkan kata “Nation” sendiri memiliki arti bangsa sebagai bentuk persatuan dari orang – orang yang memiliki latar belakang yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.Secara terminology, istilah integrasi nasional memiliki berbagai macam beragam pengertian, namun dapat diartikan sebagai suatu penyatuan, keterpaduan yang bulat dari unsur atau berbagai macam aspek. Adapun arti integrasi nasional menurut para ahli, menurut surbakti, menyatakan bahwa Integrasi Nasional adalah proses penyatuan berbagai kelompok sosial budaya dalam satu kesatuan wilayah dan dalam suatu identitas nasional. Jadi dapat diartikan bahwa Integrasi Nasional adalah Penyatuan berbagai kelompok sosial yang memiliki latar belakang yang berbeda menjadi satu kesatuan.

Terdapat jenis-jenis Integrasi Nasional

  1. Integrasi Bangsa, merupakan proses penyatuan berbagai macam kelompok budaya dan sosial dalam satu kesatuan wilayah dalam pembentukan identitas nasional.
  2. Integrasi Wilayah, merupakan pembentukan wewenang kekuasaan nasional pusat di atas unit – unit sosial yang lebih kecil yang beranggotakan kelompok sosial budaya masyarakat tertentu.
  3. Integrasi Elit, merupakan penghubung antara pemerintah dengan yang diperintah. Dan mendekatkan perbedaan mengenai aspirasi dan nilai kelompok elit dan massa.
  4. Integrasi Nilai, merupakan consensus terhadap nilai minimum yang diperlukan dalam memelihara ketertiban sosial.
  5. Integrasi Tingkah Laku, merupakan penciptaan tingkah laku yang terintegrasi dan yang diterima demi mencapai tujuan bersama.

       Integrasi Nasional sangat-lah penting karena integrasi nasional sangat diperlukan untuk menciptakan kesetian baru terhadap identitas – identitas baru yang diciptakan, contohnya saja seperti bahasa nasional, symbol negara, semboyan nasional, ideology nasional dan sebagainya. adanya integrasi ini diciptakan ialah agar tidak terjadi disintegrasi, atau pecahnya suatu unsur yang terdapat di dalam sebuah negara, yang mana adanya disintegrasi ini menyebabkan adanya konflik, perseteruan dan juga pertentangan.

       Adapun beberapa cara atau faktor yang dapat digunakan dalam meningkatkan integrasi di Indonesia, yaitu karena adanya ancaman dari luar, gaya politik kepemimpinan, kekuatan lembaga – lembaga politik, ideology nasional, dan kesempatan dalam pembangunan ekonomi. Beberapa faktor tersebut dapat digunakan dalam meningkatkan suatu integritas.

Ada juga beberapa Cara yang dapat dilakukan dalam membangun integrasi

  1. Memiliki sikap cinta tanah air
  2. Memiliki tekad untuk bersatu menjadi bangsa Indonesia
  3. Mengimplementasikan dan berpegangan pada pancasila dalam kehidupan sehari – hari termasuk di media sosial
  4. Memiliki rasa dan semangat persatuan serta kesatuan bangsa
  5. Memiliki jiwa semangat gotong royong, solidaritas dan toleransi antar sesame
  6. Membantu sesama teman dan keluarga apabila sedang dalam kesusahan
  7. Menghargai pendapat ketika di dalam suatu forum diskusi
  8. Menjaga sikap dalam menggunakan media sosial
  9. Memiliki sikap disiplin dan juga menghargai waktu
  10. Berbuat baik terhadap sesama

Faktor Penghambat dalam integrasi

  1. Kurangnya toleransi antar golongan masyarakat
  2. Kurangnya kesadaran akan ancaman yang berasal dari luar
  3. Terdapat ketidakpuasan terhadap ketimpangan dan tidak pemerataan pembangunan

Sumber : Buku Mata Pelajaran  Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi.(2016)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan