Mohon tunggu...
Afrilla Danisa
Afrilla Danisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - 2 Bersaudara

"Tidak ada Pelangi Tanpa Hujan, Tidak ada Bintang Tanpa Kegelapan"

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

5 Manfaat Brotowali yang Sangat Bagus untuk Kesehatan

3 Desember 2021   08:46 Diperbarui: 3 Desember 2021   08:49 56 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Manfaat brotowali telah lama dikenal sebagai bahan untuk dijadikan obat dan memiliki rasa yang pahit. Selain itu, tanaman brotowali ini biasanya diolah menjadi jamu dan dipercaya dapat menyembuhkan penyakit seperti demam, masalah kulit, serta dapat mengobati penyakit diabetes. 

Brotowali atau biasa disebut dengan Tinospora Cordifolia adalah tanaman yang berbentuk semak yang merambat. Daunnya berbentuk hati dan terdapat tonjolan-tonjolan kecil di sekitar batangnya. Selain itu, begitu banyak kandungan nutrisi yang bagus bagi kesehatan yang terdapat di dalam tumbuhan brotowali seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin C, zat besi, kalsium, dan fosfor. 

Ada banyak sekali manfaat brotowali untuk kesehatan. Berikut ini berbagai macam manfaat daun brotowali yang bagus untuk kesehatan Anda di antaranya: 

5 Manfaat Brotowali yang Sangat Bagus Untuk Kesehatan

  1. Menurunkan Kadar Gula Darah 

Manfaat brotowali sangat banyak salah satunya untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh Anda. Tanaman brotowali bisa memperbaiki kinerja hormon insulin serta mencegah terjadinya resistensi insulin, yang mengakibatkan kadar gula darah dalam tubuh menjadi stabil.

Akan tetapi, Anda harus berhati-hati dalam mengkonsumsi brotowali sebagai pengobatan diabetes karena secara alami brotowali ini dapat menimbulkan efek samping seperti kerusakan hati dan hipoglikemia. Apalagi jika dikonsumsi barengan dengan obat-obatan yang dianjurkan oleh dokter.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain dapat menurunkan kadar gula dalam darah manfaat dari brotowali juga sangat banyak. Karena Tanaman brotowali mengandung kalsium dan fosfor yang bagus yang gunanya untuk menjaga kekuatan tulang dan sendi Anda. Tidak hanya itu brotowali juga mengandung zat antioksidan yang baik yang gunanya untuk mencegah penyakit osteoartritis dan osteoporosis. 

Akan tetapi, jika mengkonsumsi tanaman herbal ini juga harus dibarengi dengan mengkonsumsi makanan yang mempunyai kadar vitamin d, kalsium, serta rajin dalam berolahraga untuk menjaga kesehatan tulang dan kekuatan tulang sendi.

  1. Meningkatkan Sistem Imun dalam Tubuh

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan