Karir

"Employee's Ethics, What's the Right Job for Me?"

28 Juni 2018   21:38 Diperbarui: 28 Juni 2018   21:52 418 0 1

 Apa Pekerjaan yang Tepat untuk Saya ? begitulah kira-kira terjemahan yang tepat dari judul diatas. Berbicara tentang apa pekerjaan yang tepat untuk kita, tentu saja ada berbagai macam pekerjaan didunia ini yang bisa kita pisahkan menjadi dua  ketegori yaitu pekerjaan yang menyenangkan dan pekerjaan tidak menyenangkan. 

 The Wall Street Journal memiliki daftar tentang pekerjaan terbaik dan terburuk yang bisa anda coba untuk mendapatkannya atau berjuang untuk menghindari pekerjaan tersebut, menurut WSJ beberapa pekerjaan yang tidak menyenangkan seperti pengasuh anak, penebang pohon, tukang pemotong daging, pelaut, teknologi dekontaminasi nuklir, perawat, dan pemadam kebakaran. 

Sedangkan beberapa pekerjaan yang menyenangkan seperti aktuaris, petugas pembebasan bersyarat, akuntan, teknisi laboratorium medis, asisten paralegala, ahli meteorologi, dan sejarawan. 

Namun daftar tersebut tidak bisa kita jadikan sebuah patokan bahwa itu adalah pekerjaan yang menyenangkan atau tidak karena definisi dari pekerjaan yang tepat dapat kita tentukan sendiri apakah pekerjaan itu menyenangkan atau tidak, contohnya seperti Operator tol mengatakan bahwa dia menyukai pekerjaannya karena tidak ada bos yang menatap bahunya, dan jalan tidak akan bangkrut, jadi dia tidak perlu khawatir tentang perampingan perusahaan atau resesi ekonomi. 

Hampir setiap pekerjaan, tampaknya, terlihat baik bagi seseorang. Bahkan di dunia penembak paru-paru dan monitor urinalisis, ada orang-orang yang senang dengan apa yang mereka lakukan. 

Mengapa menentukan karir termasuk kedalam etika dan bukan sekedar keputusan pribadi tentang pekerjaan?

Kebanyakan dari kita menganggap etika sebagai pedoman untuk bagaimana memperlakukan orang lain seperti jangan mencuri, jangan berbohong. Tetapi etika juga tentang bagaimana kita memperlakukan diri kita sendiri dan tanggung jawab yang kita miliki untuk diri kita sendiri. Salah satu tanggung jawab yang paling dalam adalah membuat keputusan yang bijaksana dan independen tentang apa yang layak dilakukan dan apa yang tidak layak. 

Mempersempit ini menjadi realitas ekonomi, pilihan paling nyata yang harus Anda buat adalah di mana saya akan pergi bekerja ketika saya bangun di pagi hari? Keputusan ini --- memilih pekerjaan dan jalur karier --- adalah tentang nilai. Setiap kali alarm berbunyi, Anda menegaskan apa yang pasti penting dalam hidup Anda dan apa yang benar-benar tidak begitu penting.

Tujuh Nilai untuk Peringkat Pekerjaan untuk mulai memikirkan tentang pekerjaan dalam hal nilai-nilai yang mereka tanggapi, pertanyaan-pertanyaan ini sangat penting. Bagi saya, betapa pentingnya pekerjaan saya

1. Bermakna, adalah mendedikasikan kehidupan profesional anda untuk suatu alasan atau kegiatan yang anda yakini tidak berarti upah rendah dan jam kerja panjang. 

2. Memberikan waktu luang, memungkinkan anda keluar dan meakukan apa yang benar-benar anda ingikan dengan waktu anda.

3. Mengumpulkan uang, memberikan gajih yang sesuai dengan kinerja anda.

4. Menganugerahkan kekuasaan,

5. Memancarkan prestise,

6. Nyaman,

7. Memberikan keamanan?

           7 Ranking tersebut tentu membantu anda untuk menemukan pekerjaan yanag tepat untuk anda, namun tidak juga bisa dijadikan sebuah patokan dalam mencari pekerjaan karena masi banyak tahapan lainnya. Pahamilah dimana tempat anda bekerja, nilai-nilai dalam pekerjaan anda, situasi lingkungan kerja anda, dan yang terpenting pilihlah pekerjaan yang membuat anda bahagia.