Media Pilihan

3 Hal yang Harus diperhatikan Sebelum Berbicara di Media Sosial

7 Desember 2018   13:18 Diperbarui: 7 Desember 2018   14:02 124 0 0

Media sosial adalah sebuah sarana untuk kita berkomunikasi dengan banyak orang tanpa dibatasi ruang dan waktu. Dengan adanya media sosial kita bisa berbicara dengan banyak orang tanpa harus bertatap muka secara langsung. 

Kita bisa berkomunikasi dengan orang dari belahan dunia mana pun. Dengan kemajuan teknologi ini, kita terkadang suka melupakan bahwa faktanya kita berbicara di media sosial itu kita berbicara di sebuah ruang publik yang dapat di akses oleh banyak orang.

Jadi, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum kita berbicara di media sosial.

1. Hindari Isu SARA

SARA merupakan sebuah topik atau isu yang sangat sensitif di masyarakat. Kenapa? Karena kita bisa secara tidak sengaja menyinggung perasaan orang lain yang membaca atau melihat postingan kita. 

Jadi sebisa mungkin hindarilah menyebarkan atau membuat tulisan, gambar, maupun video yang mengandung isu SARA karena sangat dikhawatirkan akan menyinggung perasaan pihak lain. Contohnya adalah saat kita menyebarkan foto yang kita anggap lucu tentang budaya lain tanpa ada keinginan untuk menyinggung pihak mana pun. 

Tetapi kita bisa secara tidak langsung membuat pihak tersebut tersinggung karena dianggap membuat budaya mereka sebagai lelucon atau bahan tertawaan.

2. Pastikan apa yang kita bicarakan bukanlah hoaks

Di era globalisasi ini, dimana menyebarkan informasi bisa menjadi hal yang sangat mudah menjadi salah satu faktor terbesar banyaknya hoaks yang beredar di masyarakat. Hoaks sendiri adalah berita atau informasi yang tidak benar, namun dibuat seolah-olah benar. 

Kita sebagai pengguna sosial media yang baik harus bisa membedakan berita yang benar atau yang hoaks. Jangan lah dengan mudah percaya pada informasi yang tidak memiliki sumber yang jelas. Bacalah dan perhatikanlah berita dengan baik. Jangan sampai kamu menyebarkan berita-berita hoaks! Karena hoaks tentunya sangat lah berbahaya. 

Selain tidak menyebarkan hoaks, kalian juga harus bisa memilah mana berita yang benar dan mana yang hoaks. Jangan langsung menerima informasi tanpa mencek ulang informasi tersebut.

3. Jangan menyebarkan foto atau video yang tidak etis

Kalian pasti sering kan mendapatkan foto-foto atau video dari sebuah kecelakaan. Baik itu foto atau video korban maupun kejadian kecelakaan itu sendiri. Tapi kalian harus tahu bahwa menyebarkan foto atau video korban kecelakaan itu adalah hal yang tidak etis. 

Kalian bisa bayangkan bila keluarga korban melihat foto atau video tersebut? Pasti mereka tidak akan senang kan melihat foto atau video tersebut. Jadi berhati-hatilah! 

Kalian punya hak untuk tidak ikut menyebarkan foto atau video tersebut dan juga kalian punya hak untuk menyuarakan suara kalian agar orang lain berhenti menyebarkan foto-foto atau video korban kecelakaan atau foto dan video yang tidak etis. Jadi mulailah dari diri kalian dan ajaklah orang lain untuk stop menyebar konten yang tidak etis!