Mohon tunggu...
Afniar Risma Nurhidayah
Afniar Risma Nurhidayah Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Mahasiswa Program Studi Jurnalistik, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang hobi menulis dan membaca.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Peringati Hari Guru, Gubernur Jawa Barat Bantu Motivasi kepada Guru Korban Gempa Cianjur

30 November 2022   22:21 Diperbarui: 30 November 2022   22:40 108
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber ilustrasi Instagram @ridwankamil

Baru-baru  ini gempa bumi berkekuatan 5,6 Skala Richter mengguncang Cianjur, Jawa Barat. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, kunjungi guru di posko pengungsian untuk merayakan Hari Guru Nasional di tengah suasana dukacita gempa bumi di Cianjur. 

Bertepatan dengan Hari Guru Nasional ke-77 gubernur Jawa Barat mendatangi  posko pengungsian gempa dengan bercengkrama secara langsung bersama guru dan memberikan motivasi agar para guru tetap semangat juga tabah. 

Berikutnya kunjungan ini diadakan pada 25 November 2022. Lebih lanjut di datangi posko pengungsian SMKN 2 Cilaku, Cianjur, Jawa Barat. SMKN 2 Cilaku ini telah menjadi tempat tinggal untuk sementara waktu bagi korban bencana yang rumahnya hancur. 

Selanjutnya, silaturahmi dengan guru di posko pengungsian ini dihadiri oleh Ridwan Kamil dan 50 guru perwakilan dari banyaknya guru yang terdampak gempa. Guru-guru yang terdampak ini menjadi korban gempa, seperti kehilangan seseorang, kerugian harta benda dan rusaknya fasilitas sekolah sehingga mereka tidak bisa mengajar. 

Selain itu, pengungsi lain di posko SMKN 2 Cilaku yang bukan berprofesi sebagai guru turut hadir. Kemudian kunjungan Gubernur Jawa Barat dilakukan karena kebetulan Hari Guru terjadi di tengah musibah dan menjadi bentuk dukungan kepada guru agar tabah dalam melewati masa-masa bencana ini, di samping banyak nya fasilitas sekolah yang rusak karena gempa. Korban gempa banyak yang mengalami trauma dan cemas karena musibah yang terjadi.  

Diharapkan dengan kegiatan ini pengungsi tidak cemas, lebih tenang serta untuk membangkitkan kembali semangat hidup masyarakat akibat gempa.

"Semoga para pahlawan tanpa tanda jasa ini selalu Allah lindungi untuk selalu membersamai perjalanan bangsa ini dengan melahirkan anak didik yang hebat dan calon-calon pemilik masa depan," tulis Ridwan Kamil di salah satu postingan instagramnya.

"Mereka-mereka adalah teladan. Mayoritas dari mereka juga menjadi korban gempa cianjur tetapi hari ini bersemangat di hari guru 2022 untuk meneruskan semangat pendidikan, tidak boleh putus dan terus  menjadi teladan bagi lingkungan masing-masing," ucap Ridwan Kamil dilansir dari instagram @ridwankamil.

Sementara itu menurut Ridwan Kamil perayaan hari guru pada tahun 2022 ini tidak dirayakan dengan upacara seperti biasanya. Namun, harus dengan memberikan doa-doa kepada korban guru maupun bukan berprofesi sebagai guru yang wafat karena gempa.  Ridwan Kamil berdialog dengan memberi semangat dan berdoa bersama. Guru-guru juga diberikan bantuan dan makan pizza bersama-sama sebagai pelipur dikala musibah setelah berbincang bersama.  

 Di posko pengungsian beliau berdialog agar para guru tetap bersyukur masih diberi umur, bersabar dengan musibah ini, dan menjadi teladan bagi warga di tengah musibah.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun