Mohon tunggu...
Luthfi SA
Luthfi SA Mohon Tunggu... -

Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Peran Mahasiswa KKN UNS di Tengah Pandemi Covid-19

18 Juli 2020   22:55 Diperbarui: 18 Juli 2020   23:11 56 1 0 Mohon Tunggu...

(Blora, 18 Juli 2020) Kegiatan KKN relawan UNS tanggap wabah COVID-19 yang dilakukan di Desa Bajo RT 06/RW 02 Kecamatan Kedungtuban, Kabupaten Blora telah berakhir. Kegiatan KKN ini dimulai dari tanggal 2 Juni hingga 15 Juli dengan tema "Pendampingan Masyarakat Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Pemahaman tentang COVID-19 di Era New Normal". Tujuan dari dilakukannya kegiatan KKN ini yaitu agar masyarakat Desa Bajo mendapatkan informasi mengenai cara pencegahan, penularan COVID-19, Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta kebijakan new normal sehingga kedepannya masyarakat Desa Bajo mampu menjalankan kebijakan new normal (adaptasi kebiasaan baru) dengan tetap mematuhi protokol pencegahan COVID-19.

Kegiatan KKN COVID-19 ini dilakukan oleh seorang mahasiswi UNS yang bernama Luthfi Shobibaturrohmah Afnani dari Program Studi Ilmu Tanah, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta dengan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan yaitu ibu Murni Ramli, S.P.,M.Si., Ed.D. Program kerja yang dilakukan antara lain yaitu bimbingan belajar pada anak-anak sekolah. Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk membantu belajar anak-anak sekolah yang kesulitan belajar selama di rumah akibat adanya wabah corona ini.  Lalu, pembuatan masker kain dan pembagian masker kain disertai dengan leaflet tentang cara menggunakan masker kain yang baik dan benar dan juga informasi menganai PHBS. Anak-anak hingga dewasa mengaku senang mendapatkan masker kain dan leaflet dengan gambar yang menarik sehingga membantu mereka untuk memahami cara menggunakan masker yang baik dan benar. Program kerja selanjutnya yaitu penyediaan ember cuci tangan dan juga sabun cuci tangan di 4 titik tempat umum, yaitu di masjid, di balai desa, di pasar dan juga di gang masuk RT 06/RW 02.

Selanjutnya yaitu sosialisasi tentang cuci tangan yang baik dan benar kepada anak-anak, dengan tujuan yaitu mereka dapat mengetahui pentingnya mencuci tangan dengan baik selepas beraktivitas ataupun ketika akan memulai aktivitas. Kemudian dilanjutkan dengan pembuatan papan baca dan juga pemasangan poster mengenai informasi seputar COVID-19 dan juga tentang new normal yang dilakukan bersama-sama dengan pemuda-pemuda desa. Penempelan informasi pada papan baca ini diharapkan dapat dilakukan berkelanjutan, agar dapat memberikan informasi kepada warga Desa Bajo mengenai berita-berita yang aktual sehingga dapat menumbuhkan minat baca warga desa setempat. Selain itu juga dilakukan dengan penyebaran poster tentang COVID-19 secara online melalui media sosial.

Kegiatan KKN COVID-19 ini mendapatkan respon positif dari masyarakat Desa Bajo. Mereka mengaku senang karena mendapatkan informasi tentang COVID-19 terutama anak-anak yang sangat antusias dengan adanya papan baca yang menarik. Selain itu warga masyarakat juga beterimakasih dengan adanya program KKN ini.

"Terimakasih kepada mbak Luthfi mahasiswa KKN UNS yang telah memberikan masker dan juga alat cuci tangan di pasar, sehingga sangat membantu warga dalam meningkatkan kesadaran tentang pola hidup sehat di tengah pandemi ini" ujar Iit salah satu pedagang di pasar Desa Bajo.

VIDEO PILIHAN