Mohon tunggu...
Afina Dwyna
Afina Dwyna Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Mengubah Sampah Plastik Menjadi Produk dengan Nilai Jual Tinggi, BUDIKDAMBER Solusinya!

14 Agustus 2022   09:32 Diperbarui: 14 Agustus 2022   09:39 62 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Semarang (17/07/2022) Mahasiswi KKN (Kuliah Kerja Nyata) Tim II Undip Tahun 2022 melaksanakan kegiatan Pembuatan BUDIKDAMBER atau Budidaya Ikan dalam Ember bersama dengan warga RW 04 Kelurahan Pudakpayung. Kegiatan tersebut merupakan salah satu program kerja monodisiplin dari Afina Dwyna Inayah, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro.

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau biasa disebut dengan Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan komitmen global dan nasional dalam upaya menyejahterkan masyarakat dan mencakup 17 tujuan didalamnya. Salah satu tujuan yang ada di dalam SDGs ialah Menjaga Ekosistem Darat atau Life on Land pada poin ke 15. 

Program ini dilaksanakan dalam upaya pencapaian target SDGs yang menjadi prioritas pembangunan nasional. Upaya tersebut memerlukan sinergi dan kebijakan perencanaan di tingkat nasional, provinsi hingga kabupaten/kota. Salah satu langkah sederhana dalam pencapaian tujuan SDGs poin ke 14 tersebut ialah dengan memanfaatkan sampah plastik yang ada di lingkungan sekitar.

Dokpri
Dokpri
Oleh karena itu, dalam rangka mendukung tujuan SDGs tersebut dilaksanakan program kerja monodisiplin yang bersifat inovatif melalui kegiatan "Pembuatan BUDIKDAMBER (Budidaya Ikan dalam Ember)". Berdasarkan survey yang dijalankan per 5 Juli 2022, terdapat 16 RW di wilayah Kelurahan Pudakpayung dan diputuskan bahwa RW 04 Kelurahan Pudakpayung yang menjadi target sasarannya. 

Survey dilakukan dengan mengunjungi lokasi setiap RW dan wawancara kepada Ketua RW setempat. Hasil survey menunjukkan bahwa RW 04 menjadi salah satu RW yang tepat untuk dijadikan lokasi pelaksanaan program kerja KKN (Kuliah Kerja Nyata).

Program ini diawali dengan studi literatur terlebih dahulu mengenai pengertian Budikdamber secara umum, manfaat Budikdamber serta cara membuat Budikdamber. Setelah itu, alat dan bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan Budikdamber disiapkan. Alat dan bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan Budikdamber antara lain ember 45 liter, gelas air mineral bekas, kawat, solder, arang, bibit ikan dan bibit tumbuhan. Setelah seluruh alat dan bahan disiapkan, produk Budikdamber dapat langsung dibuat.

Dokpri
Dokpri

Program pembuatan Budikdamber ini diawali dengan memberikan penjelasan kepada ibu-ibu di wilayah RW 04. Penjelasan mengenai Budikdamber mencakup tentang pengertian Budikdamber secara umum, manfaat Budikdamber, tahap-tahap membuat Budikdamber serta perawatan Budikdamber dan penjelasan tersebut terlaksana secara kondusif. 

Antusias dari ibu-ibu juga cukup tinggi, terlihat dari terciptanya interaksi dua arah melalui tanya jawab selama penjelasan mengenai produk Budikdamber berlangsung serta keinginan mereka untuk ikut serta membuat produk Budikdamber.

Demo pembuatan produk Budikdamber diawali dengan membuat 5 lubang pada bagian alas gelas plastik dan 2 lubang pada bagian samping gelas plastik menggunakan solder. 

Setelah itu, kawat dipotong dengan ukuran 10 cm, kawat tersebut digunakan untuk meletakkan gelas plastik yang sebelumnya telah dilubangi pada bagian atas ember. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan