Seringkali masyarakat pada umumnya menganggap guru BK hanya menjadi polisi sekolah / penegak ketertiban di lingkungan sekolah, benarkah tugas guru BK hanya demikian? Lalu timbul pertanyaan lain apa kompetensi yang harus dikuasai agar menjadi guru BK yang layak / baik ?
      Sebagai guru BK di sekolah tugas yang diemban tidaklah mudah akan tetapi tedapat 8 tugas yang harus di emban oleh guru BK, berikut penjelasannya:
     1. Menjadi  4 bidang layanan ( pribadi, social, belajar karier)
     2. Menjadi fungsi layanan ( pencegahan, pemahaman, pemeliharaan, dan advokasi)
     3. Melayani 9 jenis layanan ( orientasi, informasi, penguasaan konten, penempatan dan penyaluran konseling perorangan, bimbingan kelompok            konseling, kelompok mediasi dan konsultasi)
     4. Melayani 6 kegiatan pendukung ( aplikasi instrument data, himpunan data, konferensi kasus, tampilan kepustakaan, kunjungan rumah dan            alih tangan kasus)
     5. Melaksanakan kegiatan kegiatan BK melalui format klasifikal kelompok dan individual
     6. Melaksanakan layanan yang responsive
     7. Melakukan perencanaan individual
      8. Menjadi pendukung system yang ada di sekolah
Setelah mengetahui tugas-tugas seorang guru BK di sekolah, fikiran kita menjadi lebih terbuka dan tidak sempit, karena tugas seorang guru BK lebih kompleks dan lebih rumit dibandingkan guru pengampu mata pelajaran.