Mohon tunggu...
Afifatul Khoirunnisak
Afifatul Khoirunnisak Mohon Tunggu... Petani - Sarjana Pertanian

Menikmati perjalanan hidup dengan belajar dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Menikmati Perjalanan Literasi dari Malang ke Pasuruan

11 Agustus 2019   10:30 Diperbarui: 11 Agustus 2019   10:53 81
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Mimpi adalah kunci untuk kita menaklukkan dunia. Berlarilah tanpa lelah sampai engkau meraihnya" lirik lagu Laskar Pelangi terus terngiang dikepalaku selama perjalanan menuju ke Pasuruan. Lirik lagu tersebut yang membuat kami melangkah tegap untuk meraih mimpi. Ya, saya tidak sendirian. Ditemani dengan kawan-kawan saya dari "Literasi English Club Malang", kami berkesempatan saling berbagi pengalaman dengan komunitas "Englen-C (English Learning for Community)" Pasuruan.

Saya berangkat naik kereta api dari Malang bersama Bunda Anis, Mbak Dinar dan Mas Rofi'i. Jarak yang jauh tidak menyurutkan semangat untuk bersua dengan kawan-kawan komunitas Englen-C. Kami tiba di Perpustakaan Pasuruan pada Jum'at sore hari. Sebelum tiba di lokasi, kami sempat nyasar untuk menemukan lokasi meet up. Namun, hal tersebut tidak menjadi masalah asalkan nyasarnya bersama-sama hehe.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Setiba di lokasi, kami dijamu dengan sangat ramah oleh Bapak Deddi (Perpusda Kota Pasuruan) dan dari anggota komunitas Englen-C. Kami saling berbagi cerita bagaimana sepak terjang dalam komunitas. Saling berbagi pengalaman terkait perjalanan dari awal hingga terbentuk komunitas seperti ini. 

Canda tawa dan gurauan juga terselingi dalam obrolan serius kami untuk menghangatkan suasana. Hal tersebut merupakan salah satu pengalaman yang sangat berharga sekaligus menyenangkan bagi saya karena bisa bertemu dengan orang-orang hebat yang berjuang dalam dunia literasi. Mendorong saya untuk turut serta melukiskan pengalaman-pengalaman saya dalam sebuat tulisan. 

Saya selalu ingat nasihat dari Bunda Anis, kurang lebih seperti ini "Sehebat apapun kita, kita harus meninggalkan jejak kepada generasi penerus kita dengan cara menulis". Kata-kata tersebut selalu saya pegang dan memotivasi saya untuk terus belajar dan berkarya dalam tulisan. "Dalam menulis, kita harus selalu menjaga kesalihan tulisan kita" lagi-lagi nasihat dari Bunda Anis mendorong semangat saya untuk terus belajar menulis.

Tidak terasa hari sudah malam. Memang benar apa yang dikatakan kebanyakan orang. Bertemu dengan orang-orang yang sangat menyenangkan membuat waktu berjalan sangat cepat. Membuat kami harus berpisah dan menjalankan aktivitas masing-masing. Saya sangat berterimakasih kepada kawan-kawan saya dari Literasi English Club Malang dan Englen-C Pasuruan atas waktu dan kesempatan yang sangat berharga ini. 

Semoga kita diberikan langkah dan bahu yang kuat untuk terus berjuang dalam menggapai mimpi kita. Salam Literasi. Salam hangat.

Afifatul Khoirunnisak

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun