Mohon tunggu...
Afifah Ayu
Afifah Ayu Mohon Tunggu... Student of SMKN 15 Jakarta

hi, happy reading!

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Proses Produksi Massal Cemilan Roti Crispy Sosis Keju Melted

6 Agustus 2020   15:46 Diperbarui: 7 Agustus 2020   12:39 102 1 0 Mohon Tunggu...

Halo publik! Perkenalkan nama saya Afifah Ayu Lathifah, dari SMKN 15 Jakarta. Pada kesempatan kali ini, saya akan memulai artikel pertama disini, dengan tema proses produksi massal. Artikel ini adalah bagian dari tugas saya, namun hal lebihnya adalah saya ingin saling bertukar atau saling memberi informasi kepada publik. Selamat membaca, semoga bermanfaat.

Tahukah Anda? Apa itu definisi produksi massal?
Istilah dari kata produksi adalah proses kegiatan untuk menciptakan serta menambah nilai guna dari suatu barang, dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan. Sedangkan, istilah dari kata massal adalah mengikutsertakan atau melibatkan orang banyak. Sehingga, produksi massal adalah cara perusahaan melakukan kegiatan produksi sesuai standar operasional prosedur yang telah ditentukan, dalam menghasilkan suatu barang yang melibatkan banyak orang.

Nah sudah tahu kan definisi produksi massal, untuk melengkapinya, disini saya akan memberikan contoh produk massal dan resepnya buatan saya sendiri. Simak terus ya!

Di masa liburan panjang, akibat pandemi Covid-19 seperti kondisi Indonesia sekarang ini. Sudah pasti kita selalu merasa bosan dan selalu ingin ngemil. Nah, daripada beli cemilan di luar sana, yang kita tidak tahu gimana kebersihan makanannya. Mendingan mulai dari sekarang, yuk kita buat sendiri di rumah, sudah pasti praktis dan tentunya aman. Oke, disini saya akan berbagi resep cemilan sehat dan bikin perut kenyang, yaitu roti crispy sosis keju melted. Dilihat dari namanya sudah pasti enak kannn. Bahannya juga mudah ditemukan, proses pembuatannya mudah, dan tentunya murah meriah bisa dibikin lebih banyak. Yuk langsung aja kita kepoin!

Pembuatan Roti Crispy Sosis Keju Melted
* Bahan-bahan yang Diperlukan:
1.5 lembar roti tawar
2.Tepung panir
3.1 butir telur
4.1 buah sosis ayam/sapi
5.Keju QuickMelt
Cat: Untuk roti, telur dan sosis, jumlahnya disesuaikan dengan porsi yang ingin dibuat ya.

* Alat yang Diperlukan:
1.Wadah
2.Piring
3.Sendok
4.Pisau atau gunting
5.Talenan
6.Alat penggilingan (saya memakai gelas)

* Langkah-langkah Pembuatan:
1.Potong sosis dan keju dengan bentuk kecil memanjang.
2.Kocok telur dan tambahkan sedikit air.
3.Potong kulit roti dan belah menjadi 2 bagian
4.Pipihkan roti menggunakan alat penggilingan
5.Isi roti dengan sosis dan keju
6.Gulung dan berikan olesan telur, agar roti mudah menempel
7.Jika sudah selesai, simpan adonan di dalam lemari es selama kurang lebih 2jam. Supaya tepung panir melekat dengan sempurna.
8.Panaskan minyak, goreng roti hingga matang kecoklatan, lalu tiriskan. Sajikan roti crispy dengan tambahan saus atau mayonaise.

* Biaya yang Dikeluarkan:
1.Sebungkus roti tawar Rp12.000,00
2.Tepung panir kiloan Rp10.000,00
3.1 butir telur Rp2000,00
4.Sebungkus sosis Rp13.000,00
5.Keju QuickMelt Rp29.000,00

* Waktu yang dibutuhkan dalam proses pembuatan ini, tergantung banyaknya adonan ya. Saya membutuhkan waktu 30 menit untuk membuat 10 adonan, simpan adonan di dalam lemari es kurang lebih 2 jam, dan waktu menggoreng sekitar 10 menit.

Nah, sekarang sudah tau kan resep lengkapnya dengan tambahan biaya dan waktunya juga. Untuk kalian yang suka iseng nyemil di rumah, boleh nih untuk dicoba. Apalagi buat yang malas makan nasi, makan cemilan roti crispy sosis keju melted sudah pasti kenyang. Jangan lupa ikutan buat ya. Selamat mencoba. Dijamin enak, gurih, dan kriuk.

Apabila menjadi wirausaha, ingin melakukan produksi massal apa? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN