Mohon tunggu...
Afifa Wilsandi
Afifa Wilsandi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Wanita Hebat

Keep The Spirit To Reach Your Goals:)

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Landasan Pendidikan Serta Penerapanya Dalam Kegiatan Pembelajaran

1 Desember 2021   19:53 Diperbarui: 1 Desember 2021   20:11 143 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Landasan Pendidikan Serta Penerapannya


1. Landasan Regelius 

Landasan religius merupakan landasan yang paling mendasari dari landasan-landasan pendidikan, sebab landasan agama adalah landasan yang diciptakan oleh Allah swt. Bahkan setiap pendidikan nasional mengharuskan setiap peserta didik mengikuti pendidikan agama. Karena sistem pendidikan agama dibutuhkan pada zaman yang semakin modern. Pendidikan agama adalah hak setiap peserta didik dan bukan negara atau organisasi keagamaan. Contoh penerapannya yaitu Pembelajaran agama untuk mendidik akhlak siswa. Dan Kegiatan infaq dan zakat mendidik siswa untuk berbagi dengan sesama atas dasar Al-Qur'an dan Sunah.


2. Landasan Sosiologis 

Landasan Sosiologi pendidikan merupakan analisis ilmiah tentang proses sosial dan pola-pola interaksi sosial di dalam sistem pendidikan. Contoh penerapannya Diadakannya kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan sekolah. Dan Pelaksanaan piket kelas dalam bentuk kelompok yang juga mengajarkan gotong royong dan kerjasama kepada siswa.


3. Landasan Kultural 

Peristiwa pendidikan adalah bagian dari peristiwa budaya. Hal tersebut dikarenakan pendidikan dan kebudayaan mempunyai hubuangan timbal balik. Kebudayaan dapat dilestarikan dan dikembangkan dengan jalan mewariskannya dari satu generasi ke genarasi berikutnya melalui pendidikan, baik pendidikan informal, nonformal, maupun formal. Landasan Kultural Landasan kultural mengandung makna norma dasar pendidikan yang bersumber dari norma kehidupan berbudaya yang dianut oleh suatu bangsa. Bangsa Indonesia mendasarkan pandangan hidupnya dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara pada suatu asas kultural yang dimiliki dan melekat pada bangsa itu sendiri. Contoh penerapan Pembelajaran Pendidikan Pancasila.


4. Landasan Hukum 

Pendidikan merupakan peristiwa multidimensi, bersangkut paut dengan berbagai aspek kehidupan manusia dan masyarakat. Kebijakan, penyelenggaraan, dan pengembangan pendidikan dalam masyarakat perlu disalurkan oleh titik tumpu hukum yang jelas dan sah. Dengan berlandaskan hukum, kebijakan, penyelenggaraan, dan pengembangan pendidikan dapat terhindar dari berbagai benturan kebutuhan. Setidaknya dengan landasan hukum segala hak dan kewajiban pendidik dapat terpelihara. Contoh penerapannya Pelaksanaan Ujian Akhir Nasional dengan standar nilai dan Keputusan kenaikan kelas dilakukan satu tahun sakali serta Penerapan UU Guru dan Dosen.


5. Landasan Psikologis 

Pendidikan selalu melibatkan aspek kejiwaan manusia. Oleh sebab itu, landasan psikologis merupakan salah satu landasan yang penting dalam bidang pendidikan. Landasan psikologis pendidikan terutama tertuju kepada pemahaman manusia, khususnya berkenaan dengan proses belajar manusia. Landasan Psikologi Landasan psikologis dalam penerapan landasan pendidikan sangatlah penting. Dengan mengetahui psikologis pendidikan psikologi perkembangan, psikologi belajar, dan psikologi sosial maka pemberian porsi materi serta pendekatan yang digunakan dalam kegiatan kependidikan akan pas sesuai dengan tingkat perkembangannya. Contoh penerapannya yaitu Adanya guru bimbingan konseling untuk menyelesaikan masalah siswa. Kebijakan untuk mengumumkan juara di sekolah setelah ujian kenaikan kelas, sebagai penghargaan kepada siswa berprestasi dan juga motivasi untuk siswa lainnya. Dan Pemberian beasiswa kepada siswa yang memiliki prestasi tinggi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan