Mohon tunggu...
Afif Auliya Nurani
Afif Auliya Nurani Mohon Tunggu... Freelancer - Perempuan

Semakin kita merasa harus bisa, kita harus bisa semakin merasa

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pelatihan Keterampilan dalam Pendidikan Kesetaraan: dari Snack Bouquet hingga Zero Waste

21 April 2021   22:25 Diperbarui: 21 April 2021   22:32 167 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pelatihan Keterampilan dalam Pendidikan Kesetaraan: dari Snack Bouquet hingga Zero Waste
Swafoto setelah Pelatihan Keterampilan Snack Bouquet bersama Paket A (Dokpri)

Dalam rangka meningkatkan kreativitas warga belajar sekaligus menghilangkan penat setelah melaksanakan Ujian Pendidikan Kesetaraan (Baca: Pelaksanaan Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK) di Tengah Pandemi COVID-19), PKBM Zamzam Kota Malang mengadakan kegiatan pelatihan keterampilan baik untuk warga belajar paket A, paket B, dan paket C. 

Pelatihan keterampilan ini berlangsung secara bertahap mengingat kegiatan yang menyebabkan kerumunan berlebih tetap harus diwaspadai. Namun, hal tersebut tidak membuat warga belajar menjadi patah semangat dalam mengikuti kegiatan yang diadakan setidaknya sebulan sekali.

Pelatihan Keterampilan Snack Bouquet (Buket Kue) bagi Paket A


Pelatihan ini dilakukan dalam 3 tahap, yakni pada tanggal 7 April bagi warga belajar kelas 6, tanggal 11 April bagi warga belajar kelas 1-5, dan 21 April bagi warga belajar di SDTA Rumah Qur'an Kota Malang. 

Pelatihan yang berdurasi selama hampir 3 jam ini dimulai pukul 09.00 WIB. Total seluruh peserta yang mengikuti pelatihan sekitar 112 anak dengan rentang usia 6-12 tahun bahkan lebih. 

Antusias warga belajar tak terbendung selama mengikuti kegiatan pelatihan mengingat kue merupakan salah satu makanan kesukaan anak usia sekolah. Menghias kue menjadi sesuatu yang bernilai seni merupakan hal baru bagi anak.

Adapun alat dan bahan yang diperlukan dalam membuat buket kue yakni kertas samson, kertas kado, beberapa kue, gunting, lem tembak, selotip, dan pita. Pertama, anak diarahkan untuk menggunting bahan kertas sesuai pola yang sudah disediakan. 

Kemudian, anak mulai menata kue sesuai selera dan direkatkan pada pola yang sudah digunting. Terakhir, buket kue dihias dengan kertas kado dan pita sebagai pemanis. Instruktor atau pengarah pelatihan berasal dari tutor PKBM Zamzam Kota Malang sendiri.

Pelatihan Keterampilan Pot Karakter bagi Paket B dan C

Foto Kegiatan Pelatihan Keterampilan membuat Pot Karakter bersama Paket B dan C (Dokpri)
Foto Kegiatan Pelatihan Keterampilan membuat Pot Karakter bersama Paket B dan C (Dokpri)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN