Afif Auliya Nurani
Afif Auliya Nurani Mahasiswi

Tarbiyatul Athfal

Selanjutnya

Tutup

Tekno Pilihan

Menyoal Situs Secreto, Baik atau Buruk?

16 April 2018   22:54 Diperbarui: 16 April 2018   23:08 4492 8 2
Menyoal Situs Secreto, Baik atau Buruk?
Laman Secreto, Dokumen Pribadi

Beberapa hari terakhir, netizen beramai-ramai memposting sebuah link di berbagai timeline media sosialnya. Ada yang meminta komentar, kritik, saran, curhat, bahkan hanya sekedar iseng belaka. Ya, apalagi kalau bukan situs "Secreto".

Situs ini serupa dengan Sarahah dan ask.fm yang sempat booming pada tahun-tahun sebelumnya. Jika anda berada dalam situs Secreto, maka akan ditemui deskripsi "The anonymous messanging app" yang artinya aplikasi pesan dari seseorang tak dikenal. Kemudian di bawahnya terdapat beberapa informasi yang bisa anda dapatkan jika menggunakan situs tersebut.

Dari gambaran di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Secreto merupakan media sosial yang akan menyajikan kolom kritik dan saran dari orang-orang yang kita kenal di dunia nyata, namun tidak dikenali identitasnya saat mengisi kolom tersebut. jika meminjam istilah baper disebut semacam secret admirer, gitu.

Secreto sendiri sangat mirip dengan Sarahah, bahkan ikon amplop yang digunakan juga sama-sama berwarna putih. Jika anda pernah menggunakan situs Sarahah, tentu anda juga bisa menggunakan situs Secreto. Setelah mengisi kolom registrasi, anda akan mendapat link yang bisa dibagikan di berbagai media sosial seperti Whatsapp, Instagram, Facebook, dan sebagainya.

Kemudian orang lain yang membaca postingan anda akan menuju ke laman Secreto dan mulai mengetik ungkapan atau pendapat pribadinya tentang anda. Jika anda sudah mendapat berbagai komentar, anda tidak bisa memberikan feedback secara langsung karena Secreto dibuat satu arah. Apabila tangan sudah gatal ingin merespon, anda harus meng-capture halaman beranda untuk kemudian dijawab di media sosial lain sesuai dengan keinginan.

Namun yang jadi pertanyaan, apakah Secreto baik untuk kondisi psikologis seseorang? Jika iya, hal apa yang menjadi kontribusi Secreto bagi kemajuan seseorang? Mengingat kini kasus cyber bullying semakin marak di muka bumi, maka Secreto berpeluang besar untuk menjadi media bully yang cukup aman karena pelakunya tidak dapat dilacak dengan mudah.

Tentu seorang developer web memiliki tujuan tersendiri dalam merancang sebuah situs atau konten di dunia maya. Seperti halnya Secreto yang dalam keterangannya dibuat sebagai ajang meningkatkan hubungan pertemanan, memperkuat sifat dan sikap positif diri seseorang, mengetahui kelemahan yang kasat mata, dan menerima kejujuran dari orang-orang di sekitar.

Untuk itu wahai netizen yang berbahagia, jangan sampai menyalahgunakan situs yang sudah didesain sedemikian rupa demi kebaikan, ya. Bijaklah dalam mengomentari segala hal. Kompasianer yang cerdas pasti mengerti bagaimana cara meng-kritik tanpa menyakiti hati orang lain. Sepakat?

Bagi pengguna Secreto maupun media nyinyir lainnya, jadikan komentar-komentar yang ada sebagai bahan untuk refleksi diri. Memang ada beberapa komentar yang mungkin menyakiti hati, namun akan lebih baik jika hal tersebut dijadikan tempaan untuk menjadi manusia yang lebih baik ke depannya. . Please be smart user, yes!

Sekian dan semoga bermanfaat.