Mohon tunggu...
affan noorhudaahmad
affan noorhudaahmad Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Kedokteran Gigi Universitas Diponegoro

Saya adalah orang yang ingin menjadi orang baik.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Cegah Gigi Berlubang di Desa Sendangsari lewat Sosialisasi dan Sikat Gigi Masal

11 Agustus 2022   09:50 Diperbarui: 11 Agustus 2022   09:58 59 1 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Program Sosialisasi Pencegahan Gigi Karies dan Gerakan Sikat Gigi Masal telah berhasil dilaksanakan di SD Negri 1 dan 2 Desa Sendangsari, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro. 

Sosialisasi dan Sikat Gigi Masal dilakukan dua kali ditempat berbeda. Untuk SD Negri 2 Sendangsari, kegiatan dilakukan pada tanggal 20 Juli 2022, bertempat disalah satu ruang kelas di sekolah tersebut. 

Peserta kegiatan adalah siswa kelas 4 dan 5 dengan jumlah total peserta 65 anak. Di hari berikutnya, tanggal 21 Juli 2022 dilakukan kegiatan sosialisasi di SD Negri 1 Sendangsari, namun kali ini tidak dilaksanakan diruang kelas, melainkan di Gedung Olahraga yang berdempelan dengan Kantor Desa Sendangsari. 

Total peserta sosialisasi dan sikat gigi masal di SD Negri 1 Sendangsari berjumlah 63 anak yang terdiri dari siswa kelas 3 dan 4. Kegiatan ini dimulai pada pagi hari sekitar pukul 08.00. 

Bukan hanya sosialisasi mengenai pencegahan gigi karies saja, namun juga berbarengan dengan program lain seperti Penyuluhan Karakter Anti Korupsi serta Pelatihan Mitigasi Bencana Gunung Meletus.

Sosialisasi berisikan edukasi untuk anak mengenai karies atau gigi berlubang dan cara pencegahanya menggunakan presentasi powerpoint (ppt) yang menarik, dengan gambar gambar yang dapat meningkatkan pemahaman serta gambaran anak mengenai materi yang disampaikan. 

Terdapat hadiah yang dibagikan kepada peserta apabila dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pemateri. Anak anak peserta sosialisasi terlihat sangat senang dan antusias dalam memperhatikan materi yang disampaikan oleh pemateri. Banyak anak yang bersemangat tunjuk tangan untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pemateri.

Diakhir materi, peserta diberikan edukasi tentang cara sikat gigi yang benar, kali ini tidak hanya menggunakan ppt saja, namun juga menggunakan model stud gigi agar dapat mempraktekan bagaimana cara menyikat gigi yang benar. Terdapat peserta yang bisa mempraktekan cara sikat gigi yang benar menggunakan model studi gigi didepan peserta yang lain. 

Acara dilanjutkan dengan menyikat gigi masal yang dilakukan di selokan dekat dengan mata air bernama Kali Gondang yang tidak jauh dari tempat sosialisasi dilaksanakan. 

Mata air ini sering digunakan untuk mandi oleh anak anak di Desa Sendangsari. Lokasi ini direkomendasikan oleh pihak sekolah, agar tidak mengotori lingkungan sekolah. Anak anak berjalan dengan riang gembira menuju lokasi dan sudah tidak sabar untuk menyikat gigi bersama sama. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan