Mohon tunggu...
Affa Esens
Affa Esens Mohon Tunggu... Lainnya - @affa_esens

*ما حفظ فر، وما كتب قر*⁣ Bahwa, apa yang kita ingat-ingat saja, pasti akan lari (lupa). Dan apa yang kita tulis, pasti akan kekal.⁣ #bukutentangjarak #bukutuanrumah

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana Pilihan

Surat Untuk 'Muhammad Afwan'

28 Juli 2019   16:18 Diperbarui: 28 Juli 2019   16:30 31
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Halo. Apa kabar? Katanya kau lagi pusing? Hal bodoh apa saja yang sedang dan selalu kau fikirkan? Ah, aku menyesal kenapa dirimu selalu saja begitu. Kapan mau berubah? Kapan mau jadi tangguh? Kapan bisa semakin tegar?

Aku yakin, kau tak sekuat Kamil yang sering kau resahkan itu. Lalu kau buat puisi sampai bermalam-malam. Bahkan hatimu tak sebanding dengan miliknya. Kau selalu saja khawatir padahal sudah jelas dia baik-baik saja. Kau tetap saja cemburu padahal sudah jelas dia bersamamu. Ayolah! Jangan buat malu aku, Wan!

Kau juga tak setabah Zidan yang sering kau perbincangan di buku catatan kecilmu itu. Aku tahu niatmu baik. Ingin dia baik-baik saja, lancar belajarnya. Tapi caramu yang salah! Sekali tak ketemu, fikiranmu mendadak batu, badanmu sayu. Itu sama saja kau menyiksa dirimu sendiri, Wan!

Kenapa kau tak fokus saja pada apa yang sekarang berada didepanmu. Sebagai lelaki yang baru saja menginjak usia pendewasaan, bukankah lebih baik kau perbaiki hari-harimu dulu? Titik fokusmu adalah dirimu. Disamping memperhatikan orang-orang tersayangmu juga penting, kau tetap harus mengimbanginya dengan hal positif milikmu.

Kau ingat kan, jika apa yang kita perjuangkan adalah perbaikan diri, maka cahaya kebaikan akan terpancar dari dalam hati kita. Dan secara tidak langsung akan menyebar, dirasakan oleh orang-orang disekitar kita.   

Aku tahu, Wan, daftar nama-nama orang yang selalu saja berkutat dalam fikiranmu. Aku juga tahu siapa saja yang kau bisikkan setiap setelah sholat lima waktu. Aku tahu. Tentu aku turut mendoakan yang terbaik untukmu. Semoga yang kau lakukan selalu dalam lindungan Allah, barokah, manfaat.

Semangat wan! Selalu berbuat baik! Dan, jangan lupa selalu tersenyum J

Dari yang mustinya kau dekap, selalu lekat.

Dirimu sendiri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun