Mohon tunggu...
Afdhalul Rahmat Septyo
Afdhalul Rahmat Septyo Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa teknik informatika universitas haluoleo

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Konsep dan Teknik Data Mining

27 September 2022   21:10 Diperbarui: 27 September 2022   21:09 107 9 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pada artikel sebelumnya, telah dibahas mengenai pengertian Data Mining, Manfaat, serta  tahapan-tahapan yang dilakukan sebelum proses Data Mining. Data Mining adalah pencarian pengetahuan dari suatu data, dimana data yang tadinya tidak mempunya makna akan digali hingga menemukan suatu pola yang kemudian menjadi sebuah pengetahuan yang berguna.

Sebelum membahas lebih dalam terkait Data Mining, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang data yang kita gunakan. Mengetahui data yang digunakan sangat penting untuk melakukan proses Data Mining. Sebab, data adalah inti dari Data Mining. Terdapat beberapa istilah yang sering digunakan dalam menentukan tipe-tipe dari data set / himpunan data  yaitu:

  • Record

Record merupakan struktur yang memuat kumpulan data yang terdapat di dalam sebuah database. kumpulan data dalam record saling terhubung antara satu dengan yang lain (Relational records). Data di dalam record dapat berupa gambar, dokumen data, teks hingga data transaksi berupa angka.

  • Graph and Network

Graph and Network merupakan tipe data yang saling beterkaitan yang dihubungkan oleh node.  Contoh dari tipe data ini ada yang dikenal dengan Word Wide Web (www),  jaringan informasi sosial, dan struktur molekular. 

  • Ordered

Ordered atau data terurut merupakan data yang telah disusun secara sistematis apakah data tersebut disusun mulai dari yang terkecil hingga terbesar ataupun sebaliknya. Contoh dari tipe data ini yaitu video data, time-series, transaction sequence dan sebagainya.

  • Spatial, Image and Multimedia

Data spatial merupakan data yang memiliki ruang linkup kebumian di mana  data atribut terletak dalam berbagai unit yang spasial.

Contoh dari tipe data ini yaitu Maps. 

Setelah kita telah mengetahui tipe-tipe data dari data yang kita miliki,  Selanjutnya adalah kita melihat karakteristik dari data-data tersebut. Untuk melihat karakteristik tersebut terdapat beberapa kategori yaitu dapat dilihat menurut dimensi, jumlah, resolusi dan distribusi.




Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan