Mohon tunggu...
Ahmad Fauzi
Ahmad Fauzi Mohon Tunggu... profesional -

Fasilitator yang sehari-hari mengajar. Investor kecil-kecilan yang setiap saat melihat peluang investasi

Selanjutnya

Tutup

Money

Solusi Meraih Untung dari Cryptocurrrency

12 September 2017   08:40 Diperbarui: 12 September 2017   08:55 1173
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Saya mengenal dunia mata uang digital sejak Juli 2017. Awalnya karena suatu keperluan saya membeli bitcoin sejumlah Rp. 500.000. Setelah itu saya batal menggunakannya. Oleh sebab orang bilang sekarang saatnya berinvestasi mata uang digital, akhirnya bitcoin itu tidak saya jual dan saya biarkan. Pada bulan Agustus,  saya cek lagi account bitcoin saya ternyata dalam sebulan terjadi lonjakan besar harga bitcoin yang tadinya 35 juta per bitcoin naik menjadi 60 juta per bitcoin. Aset saya naik 100% jadi 1 juta. Wow.

Kemudian saya beranikan membeli ETH dan menjualnya lagi saya untung Rp. 350.000. lalu September ini terjadilah gonjang-ganjing dari Cina yang menyebabkan nilai bitcoin turun beberapa juta. Naasnya saat itu saya lagi parkir  bitcoin, langsung saja saya merugi. Saat saya nilai market sudah mulai up, saya beli ETH, terjadilah keguncangan kedua yang berasal dari Cina lagi, Pasar mata uang digital menjadi merah merata.

Saya tidak ingin menjual mata uang yang saya miliki. Saya belajar lagi dan menemukan daya ungkit untuk menutup kerugian dari penurunan mata uang digital tersebut. Solusi itu adalah menginvestasikan mata uang tersebut di bitpetite dengan link . Saya pelajari dan memang masuk di kategori risiko medium - high, namun karena waktunya hanya 6 minggu dan saya mendapatkan gain 47% atau beserta modal menjadi 147%. Saya memberanikan diri. Keuntungannya diberikan perjam. Makan waktu sekitar 4 minggu hingga modal kembali dan dua minggu selanjutnya keuntungan dari investasi.  Harapan saya dalam waktu sebulan pasar mata uang sudah kembali hijau dan  tentu ada untung tambahan saat harga naik.

Dari kejadian di atas saya belajar, trading membutuhkan skill dan update pengetahuan dan informasi terus menerus. Sebagai pekerja saya tidak bisa memantau setiap saat. Saya pelajari lagi apa solusi kalau skill dan waktu tidak ada tapi tetap bisa bisa menikmati keuntungan. Solusinya adalah menitipkan dana investasi pada ahlinya. Mereka yang bekerja dan memberikan bagi hasil.

Saya menemukan yang relatif low risk dari yang di atas. Saya menemukan pusat semacam pasar para group trader. Mereka mencari dana investasi dan memberikan bagi hasil dari keuntungan trading harian. Lumayan cukup besar bagi hasil yang diberikan antara 0,1 -- 10%. Tentu naik dan turun sesuai apa yang terjadi di hari itu. Saya melihat pasar ini cukup profesional, dia menjelaskan risiko dan jaminan, ada agreement sebelum kontrak. Dan ada banyak pilihan group trader beserta ketentuan yang bervariasi. Yang saya sukai, dana investasi dimulai dari 5 dolar (sekitar Rp. 67.500 dengan kurs Rupiah 13.500).  Untuk pelajar dan mahasiswa tentu bisa. Apalagi pekerja dan pengusaha. Bagi yang tertarik silahkan meluncur ke  sini. saya lihat keuntungan diberikan harian dan kalau performa group itu oke, dalam waktu satu hingga satu setengah bulan modal bisa kembali. Selanjutnya itu adalah keuntungan dari investasi.

Kalau Anda memang tertarik investasi ada beberapa saran:

Miliki mata uang digital. Mendaftar dan belilah mata uang digital di harga yang relatif turun di hari itu. Satu tempat terpercaya membeli dan menjual bitcoin adalah vip,bitcoin. Kalau belum punya account vip.bitcoin bisa mendaftar free di sini. Pelajari cara jual-beli, deposit-tarik, kirim dan terima mata uang digital. Banyak video youtube yang menjelaskan cara-caranya dalam bahasa Indonesia.

Pelajari instrumen investasi. Suka tidak suka, Anda harus belajar meskipun itu memang nitip dana dan orang lain yang bekerja. Sementara ini saya sarankan mempelajari chain . kalau Anda ingin pelajari lewat youtube tinggal search chain.group. Ada beberapa video tentangnya. Ada satu lagi yang benar-benar kuat perusahaannya sehingga cocok untuk menitipkan dana investasi, yaitu  Agam Questra. Kok link daftarnya panjang, ya sebab untuk daftar memang membutuhkan id agen. Khusus untuk Agam ini, saat Anda saat berinvestasi sekaligus bisa menjadi agen. Ini artinya saya sudah parkir dana di Agam. 

Sejauh ini selalu ada return tiap pekan. ROI butuh sekitar setengah tahun. Return tergantung paket yang diambil. Sistemnya bagi hasil jadi tidak fiks returnnya melainkan dalam rentang persentase 3- 7% perpekan. Bagaimana dengan bitpetite? Saya lagi coba namun karena sementara ini masuk medium-high risk, untuk itu saya tidak anjurkan.

Gunakan dana yang kalau dana itu berkurang atau hilang. Anda tidak sakit jantung. Sebab investasi memiliki risiko dari rendah, medium hingga tinggi. Dua wadah investasi yang saya sarankan di atas, untuk saat ini masuk low risk.

Begitu sudah ROI, selamatkan modal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun