Mohon tunggu...
afan fauzan
afan fauzan Mohon Tunggu... Bussiness man

Seorang Cendekiawan

Selanjutnya

Tutup

Digital

Apakah Aplikasi Tokopedia Memengaruhi Kegiatan Jual Beli Online di Indonesia?

11 Desember 2019   15:57 Diperbarui: 11 Desember 2019   16:20 323 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apakah Aplikasi Tokopedia Memengaruhi Kegiatan Jual Beli Online di Indonesia?
Tokopedia

Indonesia mempunyai jumlah pengguna internet yang sudah mulai berkembang, dan tidak hanya itu, karena berkembangnya pengguna internet yang ada di indonesia dari tahun ke tahun maka masyarakat indonesia pun semakin maju dalam ilmu serta wawasan teknologi dan informatikanya.

Berpengaruh pula pada kehidupan masyarakat Indonesia yang kini tidak bisa jauh dari kata "Internet" yang sudah lazim di telinga masyarakat Indonesia. Karena masyarakat saat ini sudah memasuki era teknologi dan informatika yang dari tahun ke tahun sangat berkembang pesat.

Menurut Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyatakan negara Indonesia ini menjadi peringkat ke 8 sebagai pengguna internet di dunia dan memiliki pertumbuhan sekitar 82 juta pengguna internet di Indonesia. 

Hasil yang diinformasikan dari Tech in Asia pada tahun 2013 ada 39 juta penduduk ialah pengguna internet dan 5 juta penggunanya adalah pelaku belanja online dengan nilai transaksi hingga $1,3 juta dari jumlah penduduk negara Indonesia yang penduduknya 248 juta jiwa. Karena perkembangan teknologi yang sedang terjadi saat ini mampu mengubah model cara jual beli sendiri yang dimana semula secara konvensional menjadi model jual beli secara online atau disebut E-commerce.

Dapat disimpulkan jika terdapat potensi yang cukup  besar untuk berkembangnya E-Commerce pada negara Indonesia yang nantinya akan berguna untuk para pelaku bisnis yang memang berada pada pasar E-commerce untuk beralih ke Mobile Device. Karena Mobile Device lebih memudahkan pelanggan dalam hal mobilitas

E-commerce itu sendiri yaitu suatu cara untuk berbelanja maupun berdagang dengan cara online yang memanfaatkan koneksi internet yang dimana terdapat website yang mempunya fasilitas berupa get dan delivery. Salah satu bidang e-commerce yang sedang berkembang pesat di Indonesia adalah e-commerce jenis Marketplace. 

Secara mendasar, Marketplace ialah sebuah tempat dimana penjual memiliki akun untuk menjual barang dagangan apa saja yang dia jual, dan di fasilitasi dengan aplikasi yang mendukung jual beli dengan cara online.

 Ada beberapa keuntungan juga bagi penjual yang menggunakan Marketplace itu sendiri ialah penjual tidak memerlukan biaya lebih untuk membuat toko online pribadi atau situs website.

Aplikasi atau jenis Marketplace itu sendiri yang ada di Indonesia seperti halnya Tokopedia, Blibli, Zalora, Bukalapak, Lazada, dan lain-lain. Dan salah satu yang sedang populer di Indonesia adalah Tokopedia.  Tokopedia saat ini sudah menjadi mall online terbesar yang ada di Indonesia sejak peluncurannya pada 17 Agustus 2009.

Dengan CEO yang sekaligus pendiri Tokopedia yaitu William Tanuwijaya. Dan Tokopedia saat ini sudah mempunyai beberapa pencapaian yang diraih hingga saat ini, Tokopedia pun memiliki puluhan juta penggunjung di setiap bulannya dan terus bertambah hingga saat ini, tidak hanya itu didalamnya sudah di isi puluhan ribu toko yang menjual bermacam-macam barang yang diperjualbelikan di sana, dengan itu Tokopedia sudah melayani jual beli yang kurang lebih 2 juta produk per bulannya ke seluruh Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x