Mohon tunggu...
Afan Bachtiar
Afan Bachtiar Mohon Tunggu... Penulis - Content Writer

Penulis biasa yang menyukai semua konten tulisan. Hobi membaca cerita bergambar yang memiliki jalan cerita yang unik dan menarik. Ingin berkarya melalui tulisan. Sudah terbiasa menulis sejak kecil, tapi besarnya nyasar ke jurusan lain. Ujung-ujungnya tetap melakoni dunia tulis menulis.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Jadi Guru Tidak Segampang Apa yang Dipikirkan Orang-Orang

25 November 2021   09:44 Diperbarui: 25 November 2021   11:30 127 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Kalau anda masih menilai jika pekerjaan guru hanya mengajar, memberikan nilai, saat liburan sekolah ikut libur juga maka itu hanya sebagian yang terlihat. Faktanya pekerjaan guru sangat melelahkan. Ini yang bisa saya simpulkan ketika melihat pasangan saya yang seorang guru selalu membawa tugas sekolahnya sampai ke rumah. Bahkan saya terkadang ikut membantu pekerjaanya jika sudah menumpuk. Hal itu merupakan hal wajar yang dialami oleh seseorang yang menjadi guru di Indonesia.

Adapun beberapa fakta bahwa menjadi guru tidaklah gampang. Jika sudah tahu faktanya, coba simpulkan apakah menjadi guru memang gampang atau tidak? Silahkan berkomentar.

Fakta Bahwa Menjadi Guru Tidak Gampang

Fakta ini saya berikan berdasarkan observasi terhadap pasangan saya yang telah menjadi guru dan apa yang saya alami saat saya menjadi seorang siswa. Adapun berikut ini fakta menarik dari seorang guru.

  • Mempelajari Semua Hal

Kebetulan pasangan saya ini adalah guru SD. Tentu saja menjadi guru SD memiliki beban yang cukup berat dikarenakan harus memahami semua materi yang harus diajarkan kepada siswanya. Hal ini membuat tuntutan menjadi guru harus serba tahu memang benar-benar nyata.

Pada akhirnya semua guru akan dituntut untuk mempelajari semua hal. Itulah salah satu caranya agar siswa dapat bergantung kepada gurunya. Bayangkan saja, anda bisa tahu apa saja sebenarnya merupakan jasa dari guru yang memberikan pengetahuan dan pengalaman yang membuat seseorang menjadi berkembang di masa depan.

  • Tidak Sekedar Mengajar

Guru itu pekerjaannya tidak sekedar mengajar saja. Seorang guru harus menyiapkan apa saja yang akan diajarkan kepada siswanya, biasanya dikenal dengan nama Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Lalu setelah membuat RPP, nantinya guru harus mengajar sesuai dengan acuan RPP yang telah dibuat.

Setelah itu guru juga harus memiliki cara untuk menilai apakah siswanya sudah paham dengan materi yang diajarkan atau belum. Salah satu caranya adalah mengadakan ulangan untuk mendapatkan nilai. Nantinya nilai ini akan menjadi sebuah evaluasi apakah guru telah menerangkan dengan baik atau ada yang belum dipahami siswa.

Setelah mendapatkan nilai sebagai salah satu bentuk evaluasi, maka guru harus melakukan evaluasi dari RPP yang telah dibuat. Jika kurang berhasil maka RPP harus diubah hingga hasilnya baik. 

Bayangkan semua proses itu harus dilakukan oleh seorang guru setiap tahunnya. Pastinya bagi anda yang menganggap guru adalah pekerjaan yang mudah, cobalah untuk membayangkan kegiatan guru yang bisa saya tulis.

  • Menerima curahan hati wali murid

Ini yang bisa saya amati dan saya pahami dulu saat masih berada di bangku sekolah. Ternyata seorang guru tidak hanya sekedar mengajar. Seorang guru harus bisa siap menerima curahan hati dari wali murid. Mulai dari yang mengeluh tidak bisa membantu anaknya dengan maksimal sampai menanyakan bagaimana mengerjakan soal, hingga urusan lain.

Lalu hebatnya, seorang guru dengan ikhlas menanggapi apa yang menjadi keluh kesah dari wali muridnya. Dan itu sudah diluar jam kerja dan terjadi hampir setiap hari. Hal ini menjadi sebuah penghargaan yang besar bagi seorang guru karena tetap meluangkan waktu untuk siswa-nya berkembang lebih baik walaupun berada di waktu yang seharusnya seorang guru bisa gunakan untuk istirahat dari pekerjaannya.

Bukan mendewakan seorang guru. Namun alangkah baiknya sebelum protes kepada guru lebih baik dilakukan dengan cara konfirmasi dari kedua belah pihak. Artinya harus tahu dulu dari sisi guru dan sisi seorang anak. Nantinya sebagai orang tua bisa memahami apa yang terjadi. Saya yakin semua guru akan jujur menceritakan apa yang terjadi pada siswanya.

Lalu jangan sungkan juga untuk bertanya kepada guru, tidak ada larangan untuk bertanya. Seorang guru pastinya akan membantu sebisa mungkin agar siswanya menjadi yang terbaik.

  • Guru selalu khawatir dengan siswa yang belum mampu memahami materi

Walaupun ada guru yang dianggap galak atau guru yang dianggap cuek, pada hakikatnya mereka adalah seorang guru yang bertugas untuk mengajarkan apa yang ia miliki kepada siswanya. Sehingga sebenarnya guru sangat khawatir jika siswa tidak memahami materi yang telah dijelaskan. Cuma terkadang rasa khawatir ini diberikan dengan berbagai macam ekspresi seperti tegas atau memberikan banyak soal latihan yang sering kali dianggap merepotkan siswa.

Tahukah pertanyaan "Ada yang ingin bertanya?" yang selalu dilontarkan guru? Pertanyaan itu adalah pertanyaan yang paling jujur dan sangat dinantikan oleh guru. Hal ini bertujuan untuk mengecek apakah materi yang dijelaskan sudah dipahami.

Jadi, bagi anda yang sedang menjadi orang tua atau mempersiapkan menjadi orang tua maka berikan pengetahuan kepada anak agar tidak takut untuk bertanya pada guru. Pertanyaan tidak hanya sekedar dalam kelas, pertanyaan di luar kelas pun akan dijawab oleh seorang guru.

  • Guru harus mengetahui karakter semua siswanya

Menjadi guru juga harus bisa memahami karakter semua siswanya. Minimal siswa yang ia pegang kelasnya. Terkadang manusia saja memahami satu orang tidak cukup, namun guru ditantang untuk bisa memahami karakter lebih dari 20 orang. Hal ini sangat susah jika hanya diberikan waktu setahun. 

Sehingga salah satu trik yang dilakukan oleh guru adalah menanyakan ke wali kelas sebelumnya seperti apa karakter siswa yang sebelumnya ia pegang. Pastinya dengan menghadapi berbagai macam karakter pun membuat seorang guru harus melakukan inovasi agar bisa memberikan pengajaran yang terbaik.

Kesimpulannya adalah menjadi guru adalah pekerjaan yang tidak gampang. Pekerjaan guru juga bisa menjadi melelahkan di mata orang yang tidak memiliki passion menjadi guru. Masih adanya  guru saat ini selain untuk bisa mendapatkan uang karena ada perasaan yang membahagiakan saat seseorang paham dengan apa yang ia ajarkan. Jadi, jangan pernah meremehkan seseorang yang bercita-cita menjadi guru. 

Harapannya pun dengan adanya fakta bahwa menjadi guru tidak gampang ini mengingatkan negara untuk selalu menghargai jasa guru. Minimal kesejahteraan guru harus lebih baik agar siswa yang dihasilkan pun juga memiliki kualitas yang baik.

Selamat Hari Guru

Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan