Mohon tunggu...
Afan Bachtiar
Afan Bachtiar Mohon Tunggu... Penulis - Content Writer

Penulis biasa yang menyukai semua konten tulisan. Hobi membaca cerita bergambar yang memiliki jalan cerita yang unik dan menarik. Ingin berkarya melalui tulisan. Sudah terbiasa menulis sejak kecil, tapi besarnya nyasar ke jurusan lain. Ujung-ujungnya tetap melakoni dunia tulis menulis.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Apa Tujuan Hidup Seseorang?

5 November 2021   11:04 Diperbarui: 5 November 2021   11:08 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Kali ini bukan artikel seperti biasa. Mungkin seperti sebuah curhatan semua orang yang merasakan keraguan dalam menjalani hidup. Jadi dimulai dari pertanyaan apa tujuan manusia hidup?

Saat saya masih kuliah, saya pernah mendapatkan pertanyaan seperti ini dari orang tua saya. "Tujuan kamu hidup itu apa?" Sekilas, saya bingung menjawabnya. Saya hanya menjawab sekedar menjawab, tidak ada isinya. Diakhir jawaban saya, saya bilang kalau saya tidak tahu jawaban yang benar tentang pertanyaan tersebut. 

Beliau bilang, jika tujuan hidup adalah mencari keselamatan. Saat itu jawaban dari beliau saya yakini bahwa itu jawaban yang benar. Namun semakin dewasa, muncul kembali sebuah pertanyaan tentang tujuan hidup. Saya hanya berpikir, apakah tujuan hidup memang hanya untuk selamat? Selamat dari apa?

Kesibukan membuat saya lupa tentang tujuan hidup. Tiba-tiba saja saya sudah wisuda. Dari situ tujuan hidup saya adalah mendapatkan pekerjaan yang layak. Ternyata pekerjaan yang layak itu tidak langsung datang begitu saja. Di sela-sela waktu pengangguran, pertanyaan itu kembali muncul. Dan sekali lagi saya tidak bisa menemukan jawabannya.

Hidup saya akhirnya terus berlanjut walaupun saya tidak tahu arti tujuan seseorang hidup. Dari apa yang saya baca, apa yang saya dengar, apa yang saya rasakan, semua orang mengartikan hal yang berbeda tentang makna sebuah kehidupan. Mengapa semua orang memiliki pengertian yang berbeda tentang hidup.

Ada yang bilang, hidup adalah sebuah kebebasan.

Ada yang bilang, hidup hanyalah sebuah tempat untuk beristirahat untuk sebuah perjalanan

Ada yang bilang, hidup untuk menyayangi satu sama lain.

Ada yang bilang, hidup harus dinikmati.

Ada yang bilang, hidup itu untuk memenuhi kebutuhan. Hingga harus rela kaki menjadi kepala, kepala menjadi kaki.

Ada yang bilang, hidup sangat membosankan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun