Mohon tunggu...
Afa Fadila
Afa Fadila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Prodi : Pendidikan Islam Anak Usia dini

STOP WISHING START DOING!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKM-DR UIN Mengabdi 2021-2022 di Kota Balikpapan

3 Februari 2022   06:28 Diperbarui: 3 Februari 2022   06:37 125 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Program KKM-DR UIN Maliki Malang salah satunya dilaksanakan di Kota Balikpapan oleh 5 Mahasiswa dengan empat program studi yang berbeda-beda. Kegiatan KKM tersebut berlokasi di Kelurahan Karang Jati Balikpapan Tengah. Terdapat beberapa wilahyah yang mencakup Keluarahan Karang Jati, diantaranya Karang Bugis, Karang Jati, Karang Jawa, dan Karang Anyar. Kegiatan KKM-DR ini berlangsung selama satu bulan, terhitung dari tanggal 27 Desember 2021 -- 27 Januari 2022.

Program yang kami jalankan pada saat berlangsungnya kegiatan KKM-DR yaitu seputar pendidikan, kesehatan, sosial, ekonomi, dan keagamaan. Pendidikan menjadi fokus utama kami dalam program KKM ini. Beberapa lembaga pendidikan di Kota Balikpapan telah menerapkan pembelajaran tatap muka. Hanya saja waktu dan kegiatan pembelajaran dibatasi, serta tetap mematuhi protokol kesehatan. Kelompok kerja kami diberi amanah untuk membantu salah satu lembaga sekolah PAUD di wilayah Karang Jawa, yaitu PAUD Nurul Ihsan. Salah satu pengurus lembaga PAUD tersebut meminta kami untuk membantu beliau dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka.

Pelaksanaan kegiatan mengajar di PAUD Nurul Ihsan berlangsung pada Minggu I-II KKM-DR. Pembelajaran dimulai pada pukul 08.00 hingga pukul 10.00 (WITA) Kegiatan mengajar ini menjadi kegiatan pokok yang kami lakukan di pagi hari dalam kurun waktu dua minggu. Selain mengajar PAUD, kami juga mengajar TPQ ditempat yang sama. Pelaksanaan TPQ dimulai pada pukul 15.00 hingga 18.00 (WITA).  

Pada pembalajaran PAUD/TK setiap minggunya mengusung tema yang berbeda. Kami membantu guru yang mengajar untuk menyipakan banhan ajar dan kegiatan yang sesuai dengan tema pembelajaran pada minggu itu. Tema pembelajaran di PAUD Nurul Ihsan pada minggu pertemuan pertama yaitu "Rekreaksi". Setelah satu tema pembelajaran selesai, maka ada kegiatan puncak tema sebagai penutup.

Kegiatan puncak tema ini diselenggarakan oleh beberapa Tk /PAUD yang ada di wilayah Balikpapan Tengah dan mengusung tema pembelajaran yang sama. Kegiatan puncak tema tersebut diadakan di Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH) Balikpapan. Selama berada di tempat wisata, anak-anak dapat mengeksplor berbagai hal terkait Beruang Madu untuk menambah wawasan. Anak-anak juga dapat melihat secara langsung bagaimana wujud nyata Beruang Madu dan melihat proses pemberian makanan yang dilakukan oleh petugas yang merawat. Adapun fasilitas lain seperti beragam permainan outbound, yang dapat melatih motorik kasar pada anak. Kami berperan sebagai pendamping yang mengawasi anak-anak sepanjang kegiatan di sana.

Kami juga memiliki program sendiri yang berkaitan dengan pendidikan, yaitu soialisasi mengenai edukasi seks untuk anak usia dini. Pengetahuan mengenai seks edukasi untuk anak-anak masih belum merata dan cenderung tidak dibahasa karena menggap hal tersebut tabu. Akan tetapi menurut kami, hal tersebut perlu disampaikan kepada anak-anak sebagai pengetahuan dan pencegahan tindak kekerasan maupun pelecehan seksual. Mengingat saat ini kasus kekerasan dan pelecehan sesksual terhadap perempuan maupun anak dibawah umur kerap terjadi. Sosialisasi tersebut di laksanakan di dua lembaga sekolah, yaitu PAUD Nurul Ihsan dan TK Hadijah. Melalui sosialisasi tersebut, diharapkan anak-anak dapat memahami dan dapat menjaga dirinya sendiri.

Program lainnya yang kami jalankan yaitu kesehatan. Pada program kesehatan sasaran kami adalah warga Kelurahan Karng Jati. Kegiatan yang dilaksanakan pada program kesehatan diantaranya, mengisi ulang botol sabun cuci tangan, pembagian APD, membantu kegiatan posyandu, membantu proses vaksinasi Covid-19  untuk anak-anak di puskesmas, dan menjalankan program bank sampah bersama warga, serta pembuatan poster kesehatan digital.

Pengisian sabun cuci tangan di laksanakan selama mahasiswa melaksanakan KKN di seluruh wilayah keluarahan Karang Jati. Pengisian sabun cuci tangan tempat cuci tangan yang ada di pinggir jalan, vasilitas umum (tempat ibadah, sekolah, dsb) menjadi salah satu upaya kami dalam mendukung program pemerintah dalam pencegahan virus Covid-19. Meskipun hampir seluruh aktivitas sudah mulai berjalan secara normal, perlu diingat bahwa virus Covid-19 masih ada dan terus bermutasi, sehingga protokol kesehatan dan tindak pencegahan harus tetap berjalan.

Kegiatan pada program kesehatan dan sosial yaitu  pembagian APD bersama Ibu-Ibu PKK. APD yang dibagikan berasal dari bantuan pemerintah Kota Balikpapan. Agenda ini berlangsung di kantor Kelurahan, dari pukul 10.00 -- 14.00 (WITA). APD disalurkan ke seluruh ketua RT di wilayah Kelurahan Karang Jati untuk keperluan posyandu. Sistem pembagian ADP dilakukan dengan cara, semua ketua RT datang ke Kantor Kelurahan secara bergantian dan mengisi daftar hadir, lalu APD akan diserahkan.

Kami juga membantu proses berlangsungnya program posyandu di beberapa RT. Program posyandu dilakukan setiap tanggal 10. Kegiatan yang dilakukan yaitu seputar pengukuran tingi, berat badan, lingkar kepala, pencatatan di buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), dan pembagian bubur kacang hijau. Tujuan dari pencatatan di buku KIA yaitu untuk mengetahui apakah anak mengalami stunting atau tidak. Kegiatan ini diikuti oleh orang tua (Ibu/Ayah) dan bayi sejak usia 0 hingga anak uisa 5 tahun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan