Mohon tunggu...
Afa Fadila
Afa Fadila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Prodi : Pendidikan Islam Anak Usia dini

STOP WISHING START DOING!

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Konsep APE Menurut Beberapa Tokoh Pendidikan Anak Usia Dini

27 September 2021   06:32 Diperbarui: 27 September 2021   06:36 29 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

A. Konsep Alat Permainan Edukatif Menurut Montessori 

Maria Montessori merupakan nama dari seorang perempuan yang berasal dari negara Italia. Maria Montessori mendalami ilmu matematika dan teknik mesin. Keinginannya tersebut didukung penuh oleh sang ayah. Setelah lulus, Ia mempelajari dan mendalami bidang kedokteran. Hasil dari kerja kerasnya tersebut berujung dengan keberhasilan. 

Gelar dokter perempuan pertama di Italia saat itu dinobatkan kepadanya. 

Pada saat ia bekerja di sebuah rumah sakit yang merawat anak-anak berkebutuhan khusus, ia kerap memperhatikan anak-anak yang berjalan sambil merogoh kantong celana. Ternyata di dalam kantong tersebut berisi remahan roti yang dibawa anak-anak dari sisa makan paginya. Remahan roti tersebut digunakan anak-anak untuk menstimulasi indra perabanya dengan cara diremas-remas. 

Hasil dari pengamatan tersebut menjadi landasan utama dalam metode menstimulasi indra pada anak. Indra yang distimulasi tidak hanya pendengaran atau penglihatan saja, namun seluruh indra yang dimiliki anak.

APE yang diciptakan oleh Dr. Maria Montessori ditujukan untuk memudahkan anak dalam mengingat berbagai konsep yang akan dipelajari tanpa membutuhkan bimbingan, maka memungkinkan anak bekerja dengan mandiri. 

Rancangan yang dibuat dengan sedemikian rupa memudahkan anak memeriksa sendiri jika terdapat kesalahan, sehingga dengan cepat menyadarinya. 

Alat permainan edukatif yang dirancang oleh Montessori banyak ditemukan di lembanga pendidikan anak usia dini yang terdapat di wilayah Indonesia. 

Puzzel berbentuk geometri merupakan salah satu Alat Permainan Edukatif (APE) yang diciptakan oleh Montessori. 

Selain itu, adapun APE yang dikembangkan dengan konsep Montessori yaitu papan berbentuk bidang I dan papan bentuk bidang II serta kantong keterampilan tangan yang digunakan sebagai alat melatih kemandirian pada anak. Konsep alat permainan dan metode yang dibentuk oleh Montessori banyak diterapkan di sekolah konvensional di Indonesia.

B. Konsep Alat Permainan Edukatif Menurut Elizabeth Peabody

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan