KOMPASIANA -- Sistem reservasi online menjadi kebutuhan vital bagi para pemilik bisnis restoran karena dapat mempersingkat proses pendataan. Sejumlah risiko atau kesalahan yang biasa terjadi pada sistem reservasi konvensional pun dapat dicegah.
Pada sistem reservasi konvensional, pesanan dicatat secara manual menggunakan buku. Cara ini sangat berisiko karena pencatatan pesanan tidak terintegrasi secara langsung dengan jumlah bahan baku yang tersedia.
Selain itu, karena proses pencatatan dilakukan secara manual, data administrasi termasuk bukti down payment (DP) sulit dikelola dan disimpan dengan rapi sehingga dapat tercecer atau tertukar. Risiko ini tentu dapat merugikan restoran dan pelanggan.
Dengan menerapkan sistem reservasi online, semua risiko tersebut dapat dicegah. Restoran dapat menyediakan metode pembayaran DP yang andal dan dapat menghitung bahan baku yang perlu disiapkan sesuai jumlah pesanan yang masuk.
Tidak hanya menguntungkan pihak restoran, sistem tersebut juga memudahkan pelanggan untuk melakukan reservasi atau booking tempat di mana dan kapan saja. Oleh karena itu, aplikasi reservasi online semakin populer saat ini.
Berbeda dari restoran yang mengadopsi kebijakan first come first serve, restoran yang menyediakan reservasi online memiliki keuntungan bisnis yang lebih besar. Pasalnya, restoran dapat memiliki lebih banyak informasi untuk memanjakan pelanggan.
Apa saja yang keuntungan menerapkan sistem reservasi online bagi pemilik bisnis restoran? Berikut rinciannya.
1. Menyelaraskan ritme kerja seluruh staf.
Sistem reservasi online akan membuat pengelolaan reservasi semakin profesional. Sebab, sistem ini memungkinkan seluruh staf, mulai dari bagian kasir hingga dapur, memiliki gambaran lengkap tentang keadaan di lapangan.
Alhasil, seluruh staf memiliki ritme kerja yang selaras sehingga mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Integrasi sistem reservasi online dengan POS juga akan mempermudah pemilik restoran untuk melatih staf baru.
Selain itu, sistem reservasi online dapat menunjukkan ketersediaan waktu dan tempat secara real-time. Informasi tersebut akan membantu pengelola restoran untuk meminimalisasi pesanan menumpuk (overlapping) pada tempat dan waktu yang sama.
2. Pencatatan data secara rinci dan sistematis.
Sistem reservasi online dapat meminimalisasi risiko terjadinya kerugian akibat human error. Seperti diketahui, meskipun restoran dijalankan oleh SDM profesional dan berpengalaman, human error tetap mungkin dapat terjadi karena banyak faktor.