Mohon tunggu...
Advertorial
Advertorial Mohon Tunggu... Editor - Akun resmi Advertorial Kompasiana

Akun resmi Advertorial Kompasiana

Selanjutnya

Tutup

NFT Pilihan

Mengapa Membuat NFT? Mengenal NFT, Kegunaan dan Cara Membuatnya

23 April 2022   09:00 Diperbarui: 23 April 2022   09:03 228 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Belakangan ini dunia maya kedatangan sebuah tren baru bernama NFT. NFT merupakan singkatan dari Non-Fungible Token, dimana di dalamnya Anda akan menemukan banyak karya seni unik. Sebenarnya, apakah itu NFT dan bagaimana cara buat NFT? Berikut ulasannya untuk Anda.

Non-Fungible Token

NFT adalah sebuah token yang berguna sebagai sertifikat digital suatu karya digital. Lalu apa bedanya NFT dengan cryptocurrency? Berbeda dengan aset digital kripto, NFT tidak dapat dipecah dan nilainya tidak bisa mengikuti pecahannya itu. 

Sebagai contoh jika Anda memiliki photocard artis yang bernilai, Anda tidak bisa memotong photocard 2 itu lalu menjualnya setengah-setengah. Anda harus menjualnya secara keseluruhan. Sedangkan jika Anda memiliki 100 aset digital kripto, Anda bisa menjualnya sebagian, 50, 30 atau 20 terserah Anda.

Anda pernah melihat berita tentang seorang remaja dengan ID 'Ghozali Everyday' yang berhasil menjual foto-foto selfie-nya seharga miliaran rupiah? Itu adalah salah satu bentuk karya NFT termahal yang ada di Indonesia.

Apa saja karya seni digital yang dapat dijadikan NFT? Berikut beberapa contoh:

  • Musik
  • Item Permainan
  • Virtual Fashion
  • Gambar
  • Video Unik
  • Kartu
  • Nama Domain Situs

Apakah ada Aplikasi Pembuat NFT di Handphone?

Anda dapat dengan mudah membuat NFT dari genggaman Anda. Dengan bermodalkan jaringan internet dan smartphone, maka Anda sudah bisa menawarkan NFT karya Anda sendiri.

Ada 2 macam aplikasi untuk membuat NFT, aplikasi untuk membuat karya digital dan aplikasi untuk upload NFT ke sistem blockhain/minting. Berikut rekomendasi aplikasi pembuat karya digital NFT yang dapat Anda unduh secara langsung.

1. SuperMe

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten NFT Selengkapnya
Lihat NFT Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan