Mohon tunggu...
Advertorial
Advertorial Mohon Tunggu... Akun resmi Advertorial Kompasiana

Akun resmi Advertorial Kompasiana

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Solusi Berlatih Secara Optimal dan Efektif Jelang UN

29 Februari 2016   13:29 Diperbarui: 29 Februari 2016   14:04 0 0 0 Mohon Tunggu...

[caption caption="Marketing Manager Quipper, Ltd. bersama para pemenang Quipper Video Challenge"][/caption]Ujian Nasional (UN) sudah di depan mata. Para siswa kelas 12 Sekolah Menengah Atas (SMA) hanya mempunyai waktu kurang lebih sebulan untuk berlatih dan mengasah kemampuan dalam setiap pelajaran. Sudah bukan rahasia lagi jika kunci sukses dalam ujian adalah belajar dan berlatih secara optimal dan efektif.

Mengingat UN yang tinggal sebulan lagi, solusi belajar secara online adalah pilihan yang tepat karena dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Quipper Video menggelar sebuah kegiatan bernama Quipper Video Challenge yang memberikan kesempatan bagi setiap siswa kelas 12 untuk berlatih soal dengan optimal dan efektif. Kompetisi online ini diikuti oleh siswa di seluruh Indonesia dan telah berlangsung sejak 1-7 Februari 2016 silam.

Quipper Video Challenge menampilkan 100 soal untuk 10 topik, dari 3 mata pelajaran, yang harus dijawab oleh setiap peserta selama 300 menit (30 menit per topik) secara online dengan mengakses ke akun Quipper Video masing-masing. Penilaian dihitung dari kecepatan dan ketepatan menjawab soal-soal tersebut. Selain peserta perorangan, Quipper Video Challenge juga memiliki tantangan untuk seluruh sekolah di Indonesia, yaitu menghasilkan partisipan terbanyak dan skor akumulasi tertinggi dari tiap sekolah.

Kompetisi online ini menghasilkan tiga orang juara yang masing-masing mendapatkan hadiah tabungan pendidikan senilai Rp5.000.000,-. Ketiga juara tersebut berhasil mendapatkan skor tertinggi. Mereka adalah Rimadhonna Via Sholihati, Shafira Hanifa, dan Akwila V. Sedangkan juara dari kategori sekolah adalah SMAN 2 Krakatau Steel Cilegon, SMAN 1 Bolo di Bima, NTB, dan SMAN 1 Bulukumba, Sulawesi Selatan.

[caption caption="Tri Nuraini, Marketing Manager Quipper, Ltd. sedang menjelaskan program Quipper "]

[/caption]Quipper Video memudahkan setiap pelanggan untuk belajar dan berlatih soal secara online, melalui tayangan video yang menampilkan tutorial mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, dan IPS. Video yang telah diunggah mencapai lebih dari 400 jam video dengan 1720 topik belajar, dan lebih dari 7600 soal latihan dan terus ditambah secara berkala.

Tak hanya dikhususkan untuk siswa kelas 12, Quipper juga akan menambahkan materi konten kelas 9 dengan mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan IPA (Fisika, Kimia, Biologi).

“Penambahan ini kami lakukan setelah kami mengamati bahwa banyak siswa di luar kelas 12 serta para orangtua yang mendengar dan menyaksikan sendiri bagaimana menariknya fitur-fitur serta konten yang ada di dalam solusi belajar online yang kami tawarkan,” ungkap Tri Nuraini, Marketing Manager Quipper, Ltd.

Sejak diluncurkan di Indonesia pada awal bulan November 2015, saat ini telah tercatat lebih dari 10.000 siswa kelas 12 yang berlangganan Quipper Video. Penyebaran peminat Quipper Video cukup merata di seluruh Indonesia. Peminat terbanyak memang masih berpusat di kota Jakarta, Surabaya, dan Medan.