Mohon tunggu...
Hendra Ar
Hendra Ar Mohon Tunggu... Wiraswasta - Adventure, Traveling, dan Kuliner

Penggiat Traveling, Fotografi, dan Petualang Kuliner. Hidup untuk bermanfaat bagi orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Proses Membuat Paspor Indonesia di Kanim Jakarta Selatan

18 Juli 2020   11:13 Diperbarui: 18 Juli 2020   11:04 385
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tampilan Paspor Yang Sudah Jadi 

Dalam proses mengurus surat menyurat di Indonesia, nampaknya sudah seperti tertanam dalam mindset saya bahwa bakalan ribet dan lama. Teringat dulu ada tetangga saya yang mengajukan pembuatan e-KTP hingga 2 tahun masih belum jadi. Perasaan khawatir ini yang membuat saya cukup malas kalau mengurus dokumen-dokumen di institusi pemerintahan. Karena kebutuhan, saya terpaksa harus mau untuk mengajukan pembuatan paspor. 

Dan saya bersyukur, ternyata dengan kemajuan teknologi informasi saat ini, proses pembuatan paspor saya terbilang cepat dan tidak ribet. FYI, pembuatan paspor saya dimulai pada 3 September 2019 hingga 17 September 2019, praktis selama 2 minggu saja. Berikut pengalaman saya dalam mengajukan pembuatan paspor baru. 

PENDAFTARAN PENGAJUAN PEMBUATAN PASPOR
Untuk bisa membuat paspor, saya harus mengambil daftar antrian secara online dulu, yaitu tanggal 3 September saya masuk ke Website www.antrian.imigrasi.go.id , lalu saya membuat akun di website tersebut berdasarkan akun Google. 

Saya klik menu "antrian", kemudian klik kantor "Warung Buncit", wah ternyata tanggal pendaftaran online tidak muncul (keterangannya: belum dibuka). Ini karena saya tidak membukanya pada hari Jumat. Ternyata, pengambilan nomor antrian hanya dibuka pada hari Jumat sekitar jam 14.00. Okelah, saya kemudian baru bisa mencoba pada hari Jumat tanggal 6 September 2019. 

Pada tanggal ini, saya lebih memilih untuk download aplikasi "Layanan Paspor Online" di Google Playstore, kemudian sign up memakai akun Google dan login. Di aplikasi tersebut, klik antrian paspor, kita diarahkan untuk memilih kantor Imigrasi. Saya memilih Jaksel kantor di Jalan Warung Buncit. karena dekat dengan rumah domisili. Walau saya KTP Surabaya, tapi tinggalnya di Jaksel. 

Pada jam 13.40 sudah dibuka kuota daftar antriannya, saya klik daftar, dan pilih tanggal. Untungnya mulai dari hari Senin sampai Jumat masih available saat itu. Sehingga saya pilih yang paling dekat dengan tanggal 6 September yaitu hari Senin tanggal 9 September. Setelah klik, saya dapat QR Code antrian online, dan itu sekitar jam 10.00 - 10.30 perkiraan waktu pelayanannya. Saya disarankan datang satu jam sebelum jam 10.00 pada hari antrian saya. 

Tampilan Beranda Aplikasi Layanan Paspor Online 
Tampilan Beranda Aplikasi Layanan Paspor Online 

HARI H PROSES PENGAJUAN PEMBUATAN PASPOR
Senin 9 September 2019, saya datang jam 09.00 (satu jam sebelum jadwal antrian pelayanan saya), naik motor, dan ternyata parkirannya sudah penuh. Saya akhirnya parkir di area parkir gedung-gedung sebelahnya. ditolak beberapa gedung sebelahnya, hingga mendapat sekitar 5 gedung di samping kantor Imigrasi. 

Saya masuk kantor imigrasi, ditanyai satpam disana "mau apa?", saya jawab mau pengajuan pembuatan paspor sambil menunjukkan QR Code antrian online saya, lantas diarahkan naik ke lantai 2. 

Di Lantai 2, saya check in memakai QR Code antrian online saya ke petugas penerima check-in antrian online. Saya mendapat nomor antrian 2-073. Pada saat itu, nomor yang dilayani baru sekitar 2-040an. Oleh petugas check-in nya, saya diberi berkas 1 lembar isian, yaitu surat permohonan pembuatan paspor. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun