Mohon tunggu...
Deri Prayoga
Deri Prayoga Mohon Tunggu... Seniman - SB Project

Well ...

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Tak Berani Mati, Tak Pantas Hidup

2 Oktober 2019   22:04 Diperbarui: 3 Oktober 2019   10:30 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cukup banyak yang meyakini bahwa kematian adalah sebuah kepastian. Apapun yang terjadi, setiap individu yang sempat merasakan hidup, pasti juga kelak akan merasakan mati, suatu hari. 

Yah, setidaknya secara umum dan pribadi, Itulah yang saya yakini. 

Walaupun ternyata pada kenyataannya, masih ada juga beberapa orang yang cukup takut menghadapi kematiannya. Termasuk juga saya sendiri.

Saya masih merasa, saya belum siap. Masih ada beberapa hal yang saya pikir, harus saya tuntaskan terlebih dahulu. Walaupun saya juga masih bingung, entah apa itu.

Apa sebenarnya yang kurang?
Apa tepatnya yang jadi masalahnya?

Sedangkan di lain pihak, ada beberapa orang yang malah menjemput kematiannya, justru karena dia takut menghadapi kehidupannya.

Iya, mereka adalah orang-orang yang depresi dan ingin bunuh diri.

Saya pikir itu menarik. Karena saya sendiri juga pernah merasakan itu. Depresi. Hidup ini memang aneh. Tapi entah kenapa saya malah suka itu.

Seseorang yang cukup saya kagumi pernah berkata, "Keseimbangan itu sangatlah perlu, jadi jangan pernah bersikap berlebihan."

Dia orang yang bijaksana. Itulah kenapa saya mengaguminya.

"Kalau kau tidak siap mati, kau tidak pantas hidup di dunia ini." katanya suatu hari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun