Mohon tunggu...
Faqih Ashri
Faqih Ashri Mohon Tunggu... The Revolutionist

Bima City, 06-02-1990 Menulis untuk mengetahui rahasia tak tertulis, mendamba setiap pengalaman baru yang tak terlupakan.. City Planner, Content Writer, YouTuber. www.faqihashri.com

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

5 Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja

21 Mei 2020   11:14 Diperbarui: 21 Mei 2020   11:12 107 8 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja
Sumber Gambar : idntimes.com

Pekerjaan seperti apa yang kita geluti sehar-hari? Sektor publik ataukah swasta? Perusahaan skala lokal, nasional, atau bahkan internasional?  Posisi kita sebagai atasan atau pegawai level dasar? Apa pun pekerjaan yang kita jalani, tidak akan pernah lepas dari yang namanya kinerja. Salah satu elemen dasar dari kinerja yang baik adalah konsitensi. Nah, permasalahannya kemudian bahwa kinerja kita tidak selalu berada dalam kadar yang ideal. Benar gak? 

Saat kinerja kita bagus, biasanya nama kita disanjung dan bargainning position di mata atasan sangat kuat. Namun sebaliknya, jika seketika kinerja kita menurun, lingkungan sekitar kita seakan menatap dengan tatapan sinis. Kinerja bagus yang pernah ditorehkan sebelumnya bahkan bisa hilang seketika dari ingatan rekan kerja. Ibarat pepatah, karena nila setitik rusak susu sebelanga.

Sekeras apa pun rekan kerja atau pun atasan menatap sinis pada kita, tetap saja yang paling tahu penyebab, asal-usul, atau pun motif dari menurunnya tingkat produktivitas kinerja kita ya diri kita sendiri. Jika kita masa bodoh dengan perasaan tidak nyaman yang dirasakan akibat penurunan produktivitas itu, maka akan semakin sulit untuk kita keluar dan menemukan solusi yang tepat untuk segera mengatasinya.

Jika kita telaah dalam referensi, ada 2 faktor yang menyebabkan menurunnya produktivitas kinerja seorang pekerja, yaitu faktor eksternal dan internal.  Faktor eksternal erat kaitannya dengan manajemen kerja yang buruk, kepemimpinan yang tidak efektif, rendahnya moral pekerja, serta intimidasi di tempat kerja. Sedangkan faktor internal mencakup stabilitas emosi, permasalahan rumah tangga, integritas, dan kontribusi keluarga.

Solusi dari dua faktor itu pun dapat kita bagi menjadi dua, yaitu menghadapinya atau justru lari dari semuanya. Jika saudara pembaca yang budiman ini berpikir untuk tetap tegar menghadapinya, artinya kita sepaham untuk melakukan 5 tips berikut untuk meningkatkan produktivitas kinerja. 

1. Tentukan Tujuan yang Jelas

Memiliki goal atau tujuan yang jelas merupakan dasar dari langkah pasti kita ke depannya. Kita punya sesuatu yang begitu dalam untuk mengendalikan arah langkah. Tuliskan tujuan yang ingin kita capai dalam jangka waktu panjang atau pun pendek. Kemudian apa strategi yang paling realistis untuk menggapai setiap tujuan yang tertulis. Buat pada lembaran besar atau pada media yang sangat mudah untuk dibuka kembali. Tengok secara teratur tujuan-tujuan yang tertulis, pastikan kita memahami kemajuan apa yang telah dicapai dan apa yang belum dicapai dalam jangka waktu tertentu.

2. Persiapkan Semalam Sebelumnya

Apapun yang akan kita hadapi besok paginya, usahakan konsisten untuk menyiapkan segala sesuatunya di malam sebelumnya. Pelajari kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi, itu akan membuat kita cenderung siap. Biasanya seseorang akan cenderung bersikap reaktif terhadap apa yang terjadi karena kaget dan tidak pernah menyiapkan diri dalam menghadapinya. Dampaknya sangat besar sekali terhadap fokus kita dalam melakukan pekerjaan di hari tersebut. Jadi, sebisa mungkin luangkan waktu malam sebelumnya untuk lebih siap menghadapi kemungkinan yang akan terjadi dalam lingkup pekerjaan kita.

3. Membagi Proporsi Waktu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN