Kesehatan

5 Basics @ KetoFastosis Lifestyle

1 Desember 2017   13:55 Diperbarui: 1 Desember 2017   14:10 1732 0 0
5 Basics @ KetoFastosis Lifestyle
hvmn.com

KetoFastosis (KF) Lifestyle :

1. Frequent Fasting

2. Very Low Carbohydrate

3. High Physical Activity

4. Low Stress

5. Sleep Quality

1. Frequent Fasting

Gaya hidup KF adalah lebih sering berpuasa dari pada makan. Durasi waktu berpuasa (jendela puasa) lebih panjang dari pada durasi waktu untuk makan (jendela makan).

Keseimbangan (homeostatis) yang diperoleh dengan cara puasa, adalah akar keseimbangan manusia yang sebenarnya. Dimana pada kondisi tanpa makanan (puasa), manusia akan mampu menemukan potensi terbaiknya dari sisi Psikologi, Metabolisme dan Sistem Immune. Ini terjadi karena puasa akan melatih kemampuan adaptasi tubuh terhadap stress dan ancaman yang terjadi di dalam tubuh dan menciptakan adaptasi untuk membentuk keseimbangan yang konkrit dan sempurna.

Baca :

https://www.ketofastosis.com/homeostasis-kondisi-puasa-vs-kondisi-makan

2. Very Low Carbohydrate

Gaya hidup KF adalah lebih banyak mengkonsumsi makanan dari unsur hewani yang kaya lemak dan protein dari pada makanan dari unsur nabati yang (pada umumnya) lebih dominan karbohidrat.

Lemak adalah sumber energi yang paling stabil di tubuh, dan memiliki potensial energi yang jauh lebih besar dibandingkan karbohidrat (glukosa) dengan perbandingan jumlah molekul yang sama.

Kelebihan lain dari lemak (FFA atau Ketone) sebagai substrate untuk energi adalah rendah nya ROS (Reactive Oxygen Species) / Radikal Bebas yang dihasilkan dari proses degradasi rantai karbonnya, untuk memperoleh ATP (Adenosine Tri-Phosphate) / Bio Energi.

Karbohidrat yang digunakan sebagai sumber energi utama akan menciptakan efek ketergantungan terhadap makanan, dan bertentangan dengan esensi manusia sebagai spesies yang seharusnya paling efisien dalam menggunakan energi dan paling mampu bertahan hidup pada berbagai kondisi alam.

Sebaliknya, lemak akan menjadi sumber energi yang efisien dan tidak menciptakan efek ketergantungan akan makanan setiap hari. Hal ini tentu searah dengan evolusi manusia yang produktif dan aktif di muka bumi sebagai makhluk paling superior di muka bumi.

Baca : 1 dan 2

3. High Physical Activity

Gaya hidup KF adalah lebih banyak bergerak/beraktivitas dari pada duduk/diam. Tubuh yang aktif bergerak memberi rangsangan positif bagi metabolisme tubuh (metabolic hormesis), terutama pada kondisi fastosis (puasa dan rendah glukosa). Hormesis (tantangan) terhadap metabolisme tubuh pada kondisi fastosis adalah strategi yang digunakan untuk melatih dan memperkuat kapasitas tubuh manusia untuk mendapatkan keseimbangan internal tubuh yang ideal (homeostasis).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4