Mohon tunggu...
Adris ChairilUmam
Adris ChairilUmam Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Institut Teknologi Sumatera

Mahasiswa Program Studi Farmasi Institut Teknologi Sumatera

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Bagaimana Sih Proses Metabolisme Nutrisi di Dalam Tubuh Kita?

6 Desember 2022   07:15 Diperbarui: 6 Desember 2022   07:38 138
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Apa sih itu nutrisi? Terus penting tidak sih untuk tubuh kita?

Nutrisi adalah salah satu komponen penting untuk menunjang keberlangsungan proses tumbuh kembang. Nutrisi berfungsi menghasilkan energi bagi fungsi organ, gerak dan fungsi fisik, sebagai bahan dasar untuk pembentukan dan perbaikan jaringan sel-sel tubuh. Nutrisi adalah elemen yang dibutuhkan untuk proses dan fungsi tubuh. Kebutuhan energi didapatkan dari berbagai nutrisi, seperti: karbohidrat, protein, lemak, air, vitamin, dan mineral.

Metabolisme dari nutrisi didalam tubuh kita itu punya mekanismenya masing-masing, seperti yang dijelaskan sebagai berikut:

Metabolisme karbohidrat dalam tubuh :

Karbohidrat merupakan salah satu sumber  energi untuk aktivitas sel secara biologis melalui  proses glikolisis. Proses glikolisis dimulai dari  perubahan molekul glukosa manjadi molekul  piruvat. Selain itu, glukosa juga dapat  disintesis dari prekursor nonkarbohidrat melaui  reaksi yang disebut glukoneogenesis.

Pencernaan karbohidrat dimulai di mulut tempat amilase saliva memulai pemecahan. Setelah terurai di seluruh sistem pencernaan, monosakarida diserap ke dalam aliran darah. Saat karbohidrat dikonsumsi, kadar gula darah meningkat, merangsang pankreas untuk mengeluarkan insulin. Insulin memberi sinyal sel-sel tubuh untuk menyerap glukosa untuk energi atau penyimpanan. Jika glukosa darah turun, pankreas membuat glukagon, merangsang hati untuk melepaskan glukosa yang tersimpan. 

Metabolisme protein dalam tubuh:

Protein merupakan salah satu makromolekul  kompleks yang terdapat pada tubuh organisme  yang berperan sebagai reseptor pensinyalan sel,  enzim, hormon, saluran ion, oksigen,  pengangkut CO2 pada hemoglobin, pembentuk  otot, pengikat jaringan dan masih terdapat fungsi  lainnya. Secara metabolik protein dapat  berfungsi sebagai sumber energi dalam bentuk  glukosa dan trigliserida.

Pada saat sumber protein mencapai perut (lambung), asam klorida dan enzim yang disebut profase memecahnya menjadi rantai asam amino yang lebih kecil. Asam amino disatukan oleh peptida, yang dipecah oleh protease. Dari perut (lambung), rantai asam amino yang lebih kecil ini bergerak ke usus kecil. Saat proses ini terjadi pankreas melepaskan enzim dan buffer bikarbonat yang mengurangi keasaman makanan yang dicerna. Pengurangan ini memungkinkan lebih banyak enzim bekerja untuk memecah lebih lanjut rantai asam amino menjadi asam amino individu. enzim yang terlibat dalam fase ini meliputi tripsin, kimotripsin, dan karboksipeptidase. 

Penyerapan protein secara maksimum yaitu asam amino dan nutrisi lainnya terjadi di usus kecil. Setelah diserap, asam amino dilepaskan ke aliran darah yang membawanya ke sel di bagian lain tubuh sehingga dapat mulai memperbaiki jaringan dan membangun otot. 

Metabolisme lipid dalam tubuh:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun