Mohon tunggu...
Muhammad Adrian
Muhammad Adrian Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Gagal Aksi

Rebahan seperti pengangguran bergerak membawa Revolusi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Cara Bersosialisasi dengan Orang Lain untuk Kaum Introvert

17 Oktober 2021   14:34 Diperbarui: 26 Oktober 2021   15:15 94 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: idntimes.com | Kim So Hyun

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh perkenalkan nama saya Muhammad Adrian kali ini saya ingin membahas bagaimana sih orang introvert itu berkomunikasi dengan orang lain menurut pandangan dan pengalaman saya sebagai orang introvert yang masih bingung cara agar yang  berkomunikasi yang baik dengan orang lain.

Manusia sebagai mahkluk sosial pasti perlu dan membutuhkan orang lain untuk kehidupannya. Tetapi tidak semua manusia dapat menjelaskan atau bercerita tentang apa yang dia rasakan dengan orang lain. 

Yap kenapa sih ada manusia yang sulit atau berkomunikasi dengan orang lain? Ya itu adalah kaum kaum introvert. Yang mungkin kalo zaman sekarang itu kaum introvert itu identik dengan manusia yang aktif di sosial media ataupun dalam kesendirian dan hanya orang orang tertentu saja lah dia dapat terbuka atau bercerita mengenai kehidupan nya sedangkan dengan orang lain yang mungkin dia belom kenal mungkin agak sulit yah untuk berkomunikasi atau berbicara, kaum introvert itu lebih banyak diam dan mendengarkan dari pada ikut aktif dalam komunikasi dengan orang yang belum dekat dengan dia.

Kalau menurut sudut pandang dan pengalaman saya kaum kaum introvert itu bukan terjadi akibat dia yang mau menjadi seperti itu. Mungkin di masa lalunya dia pernah mengalami kejadian tidak mengenakan dalam kehidupannya sehingga dia lebih menyenangkan jika sendiri. Atau mungkin hinaan orang lain lah juga yang menyebabkan kaum introvert itu sulit untuk berkomunikasi dengan dunia luar, sehingga menyebabkan tidak adanya komunikasi yang terjalin antar sesama. 

Jadi gimana sih cara agar introvert itu dapat menjalin komunikasi dan hubungan yang baik dengan seseorang? Kalau saya sendiri sih juga belom terbiasa ya komunikasi dengan orang lain karena juga keterbatasan fisik pun dalam komunikasi manusia juga penting gatau kenapa kalau manusia itu pertama kali bertemu itu pasti yang pertama dilihat itu fisik atau penampilan ya agak susah sih buat kaum introvert yang maaf kurang memiliki fisik yang bagus untuk dapat di dengar perkataannya oleh orang lain. 

Saya sendiri pun juga sedang membangkitkan rasa percaya diri jika ingin berbicara dengan orang lain yang belum saya kenal. Gatau perasaan atau gimana kalau menurut saya sih orang orang itu lebih tertarik dengan fisik yang lebih baik ketimbang yang kurang padahal manusia emang diciptakan udah dari Sononya Ama tuhan jadi ya intinya kalau susah berkomunikasi intinya tingkatkan aja rasa percaya diri, dengan itu mungkin yang tadinya kita sulit/ susah berkomunikasi dengan orang lain jadi bisa ataupun percaya diri dengan orang lain. 

Dengan rasa percaya diri kita dapat membangkitkan dan membuka sudut pandang orang tentang apa yang kita ingin cerita kan. Dan juga semoga rasa percaya diri itu bisa membuat kita tidak penting mendengarkan apa yang dikatakann oleh orang lain tentang hidup kita. Karena hidup kita adalah kita yang menjalani tidak perlu mendengarkan apa perkataan orang lain.

Karena kita tidak selamanya hidup sendiri perlu adanya orang lain dalam menjalin kehidupan kita baik nanti di kehidupan luar maupun kehidupan kerjaan kita. Mungkin segitu aja dulu ya kali ini kurang lebihnya mohon maaf wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan