Mohon tunggu...
Adrian Chandra Faradhipta
Adrian Chandra Faradhipta Mohon Tunggu... Lainnya - Menggelitik cakrawala berpikir, menyentuh nurani yang berdesir

Praktisi rantai suplai dan pengadaan barang/jasa di industri hulu minyak dan gas Indonesia. Penulis buku Horizon (Ellunar Publisher, 2020) dan urun menulis buku antologi puisi Elipsis (Ellunar Publisher, 2020) serta Di Balik Ruang Tanpa Garis Temu (Alinea Publishing, 2020). Pendiri dan penggiat literasi Pojok Baca Muaradua (POBAMA) ***semua tulisan adalah pendapat pribadi terlepas dari pendapat perusahaan atau organisasi. Dilarang memuat ulang artikel untuk tujuan komersial.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Cerita Saya Hadir Perdana di Upacara Peringatan HUT ke-77 RI di Istana Merdeka

22 Agustus 2022   11:02 Diperbarui: 22 Agustus 2022   18:00 1331 31 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Suasana Upacara HUT RI Ke-77 di Istana Merdeka. Sumber: dokumentasi pribadi.

Menjadi salah satu dari sekitar 5 ribu undangan yang hadir dalam Upacara Peringatan Ke-77  Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka adalah sesuatu hal yang sangat saya syukuri.

Menjadi spesial karena tahun ini adalah kali pertama Istana Merdeka menyelenggarakan upacara kembali dengan mengundang banyak orang secara langsung.

Berbeda dengan tahun sebelumnya yang mana upacara dilangsungkan secara virtual dan undangan sangat terbatas karena pandemi Covid-19.

Mengunjungi Istana Merdeka di 2012 dalam Rangakain Acara Indonesia Korea Youth Exchange Program (IKYEP). Sumber: dokumentasi pribadi.
Mengunjungi Istana Merdeka di 2012 dalam Rangakain Acara Indonesia Korea Youth Exchange Program (IKYEP). Sumber: dokumentasi pribadi.

Meski ini adalah kesempatan kedua saya berkunjung ke Istana Merdeka setelah sebelumnya pada 2012 saya sempat mengunjungi Istana Merdeka bersama delegasi Indonesia dan Korea Selatan dalam acara Indonesia Korea Youth Exchange Program 2012, tapi kesan terhormat, khidmat dan kagum masih saja kental terasa.

Berikut sekelumit cerita saya mengikuti upacara HUT RI Ke-77 di Istana Merdeka.

Mendapatkan Undangan dari Istana Merdeka

Undangan Menghadiri Upacara HUT RI Ke-77 di Istana Merdeka. Sumber: dokumentasi pribadi
Undangan Menghadiri Upacara HUT RI Ke-77 di Istana Merdeka. Sumber: dokumentasi pribadi

Awalnya saya mendapatkan pesan dari salah satu rekan bahwa ada kesempatan masyarakat umum untuk mendapatkan undangan untuk hadir dalam upacara peringatan kemerdekaan Indonesia ke-77 di Istana Merdeka.

Tanpa pikir panjang saya langsung saja mencoba mendaftar di laman pandang.istanapresiden.go.id. Saya mengisi data pribadi disertai uraian singkat mengapa saya ingin ikut serta dalam upacara di Istana Merdeka. Saya juga menjelaskan bahwa saya pernah mendapatkan kesempatan mewakili Indonesia di kancah internasional yaitu menjadi duta pemuda di Korea Selatan dan mengikut pertukaran pemuda ke Turki.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan