Mohon tunggu...
Adrian Chandra Faradhipta
Adrian Chandra Faradhipta Mohon Tunggu... Lainnya - Menggelitik cakrawala berpikir, menyentuh nurani yang berdesir

Praktisi rantai suplai dan pengadaan barang/jasa di industri hulu minyak dan gas Indonesia. Penulis buku Horizon (Ellunar Publisher, 2020) dan urun menulis buku antologi puisi Elipsis (Ellunar Publisher, 2020) serta Di Balik Ruang Tanpa Garis Temu (Alinea Publishing, 2020). Pendiri dan penggiat literasi Pojok Baca Muaradua (POBAMA) ***semua tulisan adalah pendapat pribadi terlepas dari pendapat perusahaan atau organisasi. Dilarang memuat ulang artikel untuk tujuan komersial.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Blok Migas Rokan: Selamat Tinggal Chevron, Selamat Datang Pertamina

9 Agustus 2021   09:10 Diperbarui: 9 Agustus 2021   09:32 560 24 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Blok Migas Rokan: Selamat Tinggal Chevron, Selamat Datang Pertamina
Ilustrasi. Sumber: sindonews.com

Hari ini, 9 Agustus 2021 tepat pukul 00.01 WIB, telah secara resmi lapangan minyak dan gas Blok Rokan yang memiliki sejarah panjang dan menjadi pionir industri minyak dan gas di Indonesia sekaligus sebagai salah satu blok minyak dan gas paling produktif di Indonesia berpindah pengelolaan dari PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) ke PT Pertamina Hulu Rokan (PHR).

Perpindahan atau alih kelola ini terjadi setelah pada 2018 proposal yang diajukan Chevron kalah menarik menurut pemerintah dari proposal yang diajukan PT. Pertamina (Persero).

Banyak pihak yang bersyukur atas perpindahan operator sekaligus pengelolaan ini kepada Pertamina. Namun, ada juga pihak yang khawatir bagaimana Rokan akan dikelola Pertamina pasca hengkangnya Chevron.

Yang pasti sejarah panjang Chevron di Bumi Lancang Kuning, Riau khususnya di Blok Rokan tak bisa begitu saja dilupakan.

Dari datangnya para peneliti dari Standard Oil Company pada 1924 sampai dengan pertumbuhan dan perkembangan Chevron bagi masyarakat sekitar bahkan negara Indonesia, tentu peran kehadiran Chevron di Indonesia tidak dapat dianggap angin lalu.

Lalu bagaimana sejarah dan perkembangan Chevron hingga harus mengalihkan pengelolaan Blok Rokan kepada salah satu BUMN terbesar di negeri ini.

Berikut rangkumannya.

Sejarah Singkat Chevron di Blok Rokan

Konstruksi pembangunan jalan Duri - Dumai tahun 1958. Sumber: indonesia.chevron.com
Konstruksi pembangunan jalan Duri - Dumai tahun 1958. Sumber: indonesia.chevron.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan