Mohon tunggu...
Adrian Chandra Faradhipta
Adrian Chandra Faradhipta Mohon Tunggu... Menggelitik cakrawala berpikir, menyentuh nurani yang berdesir

Praktisi rantai suplai dan pengadaan barang/jasa di industri hulu minyak dan gas Indonesia. Penulis buku Horizon (Ellunar Publisher, 2020) dan urun menulis buku antologi puisi Elipsis (Ellunar Publisher, 2020) serta Di Balik Ruang Tanpa Garis Temu (Alinea Publishing, 2020). Pendiri dan penggiat literasi Pojok Baca Muaradua (POBAMA) ***semua tulisan adalah pendapat pribadi terlepas dari pendapat perusahaan atau organisasi

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Yuk Cari Tahu 5 Keterampilan yang Bisa Kita Asah dan Pelajari Selama Ramadan

15 April 2021   08:22 Diperbarui: 15 April 2021   08:39 479 21 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yuk Cari Tahu 5 Keterampilan yang Bisa Kita Asah dan Pelajari Selama Ramadan
Ilustrasi Bercocok Tanam. Sumber: kabartegal.pikiran-rakyat.com

Ramadan sejatinya adalah bulan untuk menempa diri kita untuk menjadi lebih bertakwa kepada Allah Swt. Menahan lapar dan dahaga serta menjaga jiwa dari hawa nafsu dunia adalah dasar dan esensi dari berpuasa.  Ramadan ini juga memberikan waktu bagi fisik dan pikiran kita untuk berkontemplasi dan lebih peduli akan nasib sesama.

Selain itu juga, Ramadan memberikan waktu bagi diri kita untuk mengisi waktu-waktu luang kita dengan kegiatan yang positif serta bernilai dan mungkin juga mengasah skill atau keterampilan yang selama ini kurang dieksplorasi atau belum pernah sama sekali kita coba.

Nah, 5 keterampilan ini mungkin cocok bisa kita asah dan pelajari selama Ramadan kali ini.

Pertama adalah Keterampilan Bercocok Tanam

Ilustrasi Menyiapkan Media Tanam. Sumber: acehtrend.com
Ilustrasi Menyiapkan Media Tanam. Sumber: acehtrend.com

Wah selama pandemi ini, banyak orang-orang yang mulai mencoba untuk bertani di rumahnya dengan metode urban farming di lahan sempit ada juga yang memakai metode hidroponik.Saya sendiri sudah beberapa kali berhidroponik di rumah, dari kangkung sampai pakcoy pernah saya tanam dan panen. Hasilnya lumayan bisa berbagai ke mertua dan tetangga untuk dimasak menjadi berbagai masakan.

Sempat juga saya bertanam dengan pot dengan media tanah konvensional hasilnya juga lumayan, meski memang perlu perhatian ekstra dari media tanam, penyiraman, intensitas cahaya matahari, serta pupuk organik yang diberikan, karena jika tidak ulet bisa berujung mati ataupun tidak optimal  hasilnya.

Selama Ramadan ini mengisi waktu ngabuburit ataupun selepas sahur bisa dioptimalkan dengan bercocok tanam, keterampilan yang mudah dipraktikan dan bisa menghasilkan.

Siapa tahu jika diseriusi bisa menjadi lahan bisnis baru dan menghasilkan pundi-pundi cuan buat lebaran.

Kedua adalah Keterampilan Memasak

Ilustrasi Memasak. Sumber: jacoblund via kompas.com
Ilustrasi Memasak. Sumber: jacoblund via kompas.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x