Mohon tunggu...
Adrian Chandra Faradhipta
Adrian Chandra Faradhipta Mohon Tunggu... Lainnya - Menggelitik cakrawala berpikir, menyentuh nurani yang berdesir

Praktisi rantai suplai dan pengadaan industri hulu migas Indonesia_______________________________________ One of Best Perwira Ksatriya (Agent of Change) Subholding Gas 2023____________________________________________ Praktisi Mengajar Kemendikbudristek 2022____________________________________________ Juara 3 Lomba Karya Jurnalistik Kategori Umum Tingkat Nasional SKK Migas 2021___________________________________________ Pembicara pengembangan diri, karier, rantai suplai hulu migas, TKDN, di berbagai forum dan kampus_________________________________________ *semua tulisan adalah pendapat pribadi terlepas dari pendapat perusahaan atau organisasi. Dilarang memuat ulang artikel untuk tujuan komersial tanpa persetujuan penulis.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Eiger yang Salah Geber Serta Fenomena Ulasan di Media Sosial

29 Januari 2021   08:28 Diperbarui: 30 Januari 2021   12:58 936
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tangkapan Layar @duniadian atas Surat Keberatan Eiger Terhadap Konten Youtubenya. Sumber: Tangkapan Layar Twitter @duniadian via Kompas.com

Eiger menjadi trending topic di Twitter setelah membuat surat keberatan kepada salah satu Youtuber bernama Dian Widiyanarko yang mengulas tentang salah satu produk Eiger di kanal Youtube-nya.

Surat ini pun diunggah oleh akun Dian di @duniadian dengan ekspresi keheranan karena keberatan pihak Eiger yang kurang berdasar serta ulasan dari produk yang dia beli sendiri bukan endorse-an. Tak ayal setelahnya Eiger menjadi bulan-bulanan warganet karena dianggap terlalu berlebihan dalam merespon konsumennya yang mengulas produk-produk Eiger di media sosial termasuk Youtube.

Di dalam surat tersebut lucunya Eiger bekeberatan karena lebih ke aspek teknis dari pembuatan konten Youtube semisal suara, kualitas gambar dan latarnya bukan kepada kualitas produknya

Setelah menerima respon negatif dari para konsumennya akhirnya Eiger pun mengeluarkan surat pernyataan maaf atas apa yang telah lakukan dan mengaku tindakan tersebut tidak tepat dan salah meski niat mereka adalah memberi masukan agar kualitas konten dapat lebih baik.

Indikasi Strategi Marketing

Setelah menjadi bahasan di lini masa, banyak pihak juga yang menduga bahwa ini adalah gimmick semata dari Pihak Eiger, agar kembali dibicarakan oleh khalayak dan pada akhirnya meningkatkan penjualan apalagi di tengah kondisi sulit saat pandemi kali ini.

Terlepas benar atau tidaknya gimmick tersebut, namun benar saja Eiger kembali menjadi topik pembahsan sebagai salah satu merek perlengkapan outdoor asli Indonesia terdepan

Tidak hanya itu ternyata para pesaing Eiger pun ramai-ramai mengeluarkan diskon ataupun memberikan surat sindiran agar para konsumen dan non konsumennya untuk secara bebas mengulas produk-produk mereka tanpa harus khawatir ditegur oleh pihak perusahaan. Contohnya adalah akun Instagram @areioutdoorgear yang justru mengunggah Surat Keringanan sebagai sindiran Surat Keberatan dari Eiger.

Unggahan Surat Keringanan Akun @areioutdoorgear. Sumber: Tangkapan Layar Instagram @areioutdoorgear
Unggahan Surat Keringanan Akun @areioutdoorgear. Sumber: Tangkapan Layar Instagram @areioutdoorgear
Sisi positifnya dengan kejadian ini banyak juga konsumen-konsumen dalam negeri yang mulai kembali melirik produkk-produk outdoor sejenis terutama dari dalam negeri di tengah seretnya penjualan produk outdoor selama pandemi ini terjadi.

Youtuber HayanTree yang Salah Review Makanan yang Mebuat Restoran Terkait Tutup. Sumber: Youtube Cipicus
Youtuber HayanTree yang Salah Review Makanan yang Mebuat Restoran Terkait Tutup. Sumber: Youtube Cipicus
Kepuasan Pelanggan dan Fenomena Ulasan di Media Sosial

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun