Mohon tunggu...
Adrian Chandra Faradhipta
Adrian Chandra Faradhipta Mohon Tunggu... Lainnya - Menggelitik cakrawala berpikir, menyentuh nurani yang berdesir

Praktisi rantai suplai dan pengadaan industri hulu migas Indonesia_______________________________________ One of Best Perwira Ksatriya (Agent of Change) Subholding Gas 2023____________________________________________ Praktisi Mengajar Kemendikbudristek 2022____________________________________________ Juara 3 Lomba Karya Jurnalistik Kategori Umum Tingkat Nasional SKK Migas 2021___________________________________________ Pembicara pengembangan diri, karier, rantai suplai hulu migas, TKDN, di berbagai forum dan kampus_________________________________________ *semua tulisan adalah pendapat pribadi terlepas dari pendapat perusahaan atau organisasi. Dilarang memuat ulang artikel untuk tujuan komersial tanpa persetujuan penulis.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

4 Manfaat Utama Mengenalkan Anak dengan Alam

27 September 2020   08:06 Diperbarui: 27 September 2020   08:09 426
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi. Sumber: dokumentasi pribadi

Alhamdulillah. Beruntunglah saat kecil sampai remaja saya hidup di sebuah kota kecil yang dikelilingi hutan-hutan yang menjadi bagian dari gugusan Bukit Barisan di Sumatra Selatan.

Nuansa asri, dipenuhi keanekaragaman hayati sangat berbekas di hati saya.

Saya masih mengingat bagaimana setiap pagi saya berangkat sekolah merasakan kabut tebal nan sejuk menyeruak dari hutan-hutan sekeliling kampung halaman saya.

Saya juga kerap mengikuti jelajah alam dan kegiatan perkemahan di tengah alam bersama rekan-rekan pramuka saya.

Banyak hal yang saya pelajari dari interaksi saya dengan alam. Nilai kehidupan, pengetahuan mengenai alam, rasa syukur dan lain sebagainya.

Karena hal tersebut sedari kecil saya sangat mencintai alam bahkan salah satu mata pelajaran yang paling saya sukai semenjak sekolah dasar adalah Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) khususnya ilmu hayati atau biasa kita sebut Biologi.

Saking cintanya saya dengan Biologi semasa SMP saya bahkan pernah menjadi juara pertama Olimpiade Biologi se-Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKU Selatan), meski di tingkat provinsi saya tidak juara.

Pengalaman dengan alam ini tentu sangat berbeda jika kita hanya merasakan dan mendapatkan informasinya hanya melalui buku ataupun mesin pencarian daring seperti Google.

Ada pengalaman langsung yang sangat bermakna dan menstimulasi berbagai indera kita untuk merasakaannya sekaligus menjadi terapi dan latihan bagi fisik dan psikologis kita.

Hal-hal tadilah yang melatarbelakangi saya untuk mengenalkan anak saya dengan alam sedari dini meski di tengah pandemi.

Beruntung rumah kami saat ini dikelilingi banyak kebun sayur mayur serta pemandangan perbukitan khas daerah Lembang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun