Mohon tunggu...
Adrian Chandra Faradhipta
Adrian Chandra Faradhipta Mohon Tunggu... Menggelitik cakrawala berpikir, menyentuh nurani yang berdesir

Praktisi rantai suplai dan pengadaan barang/jasa di industri hulu minyak dan gas Indonesia. Penulis buku Horizon (Ellunar Publisher, 2020) dan urun menulis buku antologi puisi Elipsis (Ellunar Publisher, 2020) serta Di Balik Ruang Tanpa Garis Temu (Alinea Publishing, 2020). Pendiri dan penggiat literasi Pojok Baca Muaradua (POBAMA) ***semua tulisan adalah pendapat pribadi terlepas dari pendapat perusahaan atau organisasi

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

MaGer (Mari Gerak) Virtual, Solusi Malas Gerak Selama Pandemi

7 September 2020   19:00 Diperbarui: 8 September 2020   07:11 163 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
MaGer (Mari Gerak) Virtual, Solusi Malas Gerak Selama Pandemi
Ilustrasi lari. Sumber: iStockphoto di laman tirto.id

Saka Mager Virtual. Sumber: PGN Saka
Saka Mager Virtual. Sumber: PGN Saka
Tidak terasa sudah setengah tahun kebanyakan kita bekerja dari rumah atau Work From Home. Timbangan dan lingkar perut pun nampaknya semakin subur dan besar.

Tidak heran memang. Beberapa faktor seperti kurangnya gerak, rendahnya motivasi untuk berolahraga secara rutin serta rasa malas yang melanda menjadi penyebab utama semua hal tersebut terjadi.

Tanpa disadari juga kondisi ini semakin meningkatkan risiko tubuh kita untuk riskan terkena penyakit seperti encok, sakit pinggang, mata yang jenuh, pusing kepala, kolesterol dan asam urat naik atau sampai bisa menekan imun tubuh sehingga rentan juga terpapar virus Covid-19.

Untuk mengatasi risiko kesehatan tadi serta meningkatkan rasa kebersamaan sesama inspirasi acara dari kantor saya ini bisa menjadi solusinya. Diinisiasi oleh pihak manajemen dan tim HSE kantor yang digawangi oleh dokter okupansi kami akhirnya kantor kami menyelenggarakan kegiatan olahraga bersama secara virtual yang disebut Saka Mager (Mari Gerak) Virtual.

Hasil rekam aktivitas olahraga melalui Strava. Sumber: dokumentasi pribadi
Hasil rekam aktivitas olahraga melalui Strava. Sumber: dokumentasi pribadi
Konsep utamanya adalah seluruh pekerja diajak untuk mengikuti salah satu bentuk kegiatan olahraga yang diselenggarakan. Namun pelaksanaannya tidak pelrlu berkumpul di suatu tempat atau ke kantor serta tetap memperhatikan protokol kesehatan. Cukup berolahraga secara rutin dari masing-masing rumah atau tempat tinggal karyawan. Lalu secara periodik kita mengunggah hasil olahraga yang sudah kita rekam melalui aplikasi perekam aktivitas olahraga kita seperti Strava lalu kita mengunggah hasil tersebut ke laman yang sudah disiapkan.

Sebagai penggerak motivasi karyawan panitia juga tidak memungut biaya sama sekali alias gratis untuk seluruh karyawan. Bahkan panitia juga telah menyiapkan seragam khusus, medali dan goodie bag serta berbagai hadiah yang menarik  bernilai jutaan rupiah bagi peserta yang beruntung dan memiliki catatan waktu ataupun jarak terbaik.

Bentuk olahraganya pun dibagi menjadi tiga bagian yaitu jalan santai (fun walk), lari (fun run), ataupun bersepeda (fun bike). Masing-masing cabang olahraga memiliki target jarak semisal untuk jalan santai adalah 9 km yang dapat diselesaikan dalam kurun waktu tiga minggu. Uniknya lagi misi olahraga ini dapat dilakukan secara perorangan atau solo atau berkelompok 3-5 orang untuk menyelesaikannya. Sehingga bagi yang masih suka bermalas-malasan untuk berolahraga dapat membentuk kelompok dan ada mekanisme saling mengingatkan sesama anggota untuk mencapai target yang telah ditetapkan.

Program kreatif yang dibuat kantor saya ini pun disambut antusias oleh hanmpir seluruh karyawan terbukti setidaknya sekitar dua ratus orang telah mendaftar dan mengikuti acara ini.

Saya melihat program ini bisa menjadi alternatif dan inspirasi bagi perusahaan-perusahaan bahkan komunitas terdekat kita semisal keluarga besar kita. Dengan target yang tidak muluk serta iming-iming hadiah seperti medali dan seragam atau hadiah-hadiah menarik lainnya saya pikir cukup efektif untuk menarik minat karyawan atau anggota komunitas ataupun keluarga kita.

Belum lagi jika kita tambah narasi untuk dapat eksis di sosial media yang kita punya agar menjadi inspirasi dan motivasi bagi orang lain juga.

Yuk MaGer (Mari Gerak) virtual bersama!

 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x