Mohon tunggu...
Adrian Pramana
Adrian Pramana Mohon Tunggu...

Tulisan kelas teri

Selanjutnya

Tutup

Wisata Artikel Utama

Dari Jakarta ke Bandung Hanya Rp 20 Ribu? Bisa Dong!

25 Februari 2018   14:59 Diperbarui: 26 Februari 2018   08:31 0 5 2 Mohon Tunggu...
Dari Jakarta ke Bandung Hanya Rp 20 Ribu? Bisa Dong!
Dokumentasi Pribadi

Kali ini saya mau share pengalaman saya naik KA  Jakarta-Bandung yang katanya bisa hanya dengan Rp 20 Ribu, karena penasaran dan ingin nyoba ditambah sering kehabisan tiket KA Argo, plus bosan dengan suasana traveling yang gitu-gitu aja. 

Mungkin sudah ada sebagian yang sudah mencobanya disini. Bermodal informasi dan rekomendasi dari blog, akhirnya saya memutuskan untuk naik KA 20ribu ini!.

Perjalanan pertama dimulai dari Stasiun Sudirman karena dekat dengan lokasi kos, dari sudirman transit di manggarai, dan diteruskan naik Commuterline ke Cikarang. Oh iya, stasiun Cikarang ini baru diresmikan dikisaran akhir tahun 2017, jadi masih seger! 

Dan ternyata keberadaan stasiun Cikarang baru ini memberi efek mobilitas warga sekitar yang semakin mudah juga peningkatan ekonomi, karena daerah tersebut semakin ramai!

Hanya Rp 6 Ribu dari Sudirman-Bekasi. Masalah waktu kita perlu transit sekitar 1 jam di Stasiun Bekasi menunggu komuter ke Cikarang. Sebenarnya, bisa juga kita naik dari Manggarai ke Jakarta Kota terus nanti ke Stasiun Tanjung Priok dan langsung naik KA Lokal menuju purwakarta.

Nah ini yang biasa blog rekomendasikan, tapi ya saya sih iseng aja nyoba commuter langsung Cikarang toh, nanti KA Lokal yang bakal saya naiki bakal berhenti di Cikarang, yang hasilnya saya bisa lebih cepet.

Oke lanjut, setelah sampai di Cikarang kita perlu keluar dari stasiun baru karena untuk KA Lokal Walahar Ekspress penjualanya masih di stasiun lama. Keberangkatan pertama ada di pukul 11.03, itu dari St Tnj Priok dan eng.... ing eng harganya cuman Rp 6 Ribu!

Harga Rp 6 Ribu pun berlaku jika mengambil keberangkatan dari St Tanjung Priok, Cuman ya harap maklum namanya lokal dan ekonomi, ya gitulah, mungkin sudah paham maksudnya.

Tiket Walahar Ekspress Cikarang-Purwakarta (Dokumentasi Pribadi)
Tiket Walahar Ekspress Cikarang-Purwakarta (Dokumentasi Pribadi)
Sampai di Purwakarta sekitar jam 13.20, kalau dijadwal seharusnya sampai 12.30, ya maklum namanya kan KA Lokal ekonomi. Perjalanan dari Cikarang-PWK terhitung padat, bisa-bisa berdiri, termasuk saya sendiri yang hampir 1 jam berdiri ditambah memang jadwal keberangkatan saya yang bertepatan dengan Imlek.  

Sesampainya di Purwakarta, kereta menuju Bandung berangkat pukul 15.30an naik KA Lokal Cibatuan, loket dibuka jam 15.00 waktu itu saya antri dan cukup panjang, mungkin peminatnya lagi melejit ditambah long weekend juga, harganya 8.000! 

Karena ada waktu senggang cukup lama sambil menunggu kedatangan kita bisa jajan-jajan dulu diarea stasiun yang banyak menjajakan makanan mulai dari sate, bakso, gorengan. Kali ini naik KA Lokal Cibatuan sedikit lebih leluasa di banding saat naik KA Walahar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2