Mohon tunggu...
Brader Yefta
Brader Yefta Mohon Tunggu... Insinyur - Menulis untuk berbagi

Cuma hobi dan refreshing aja....

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

Waspada Dehidrasi pada Kucing Peliharaan

10 November 2021   16:45 Diperbarui: 14 November 2021   15:50 351 33 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Si Pritu waktu sakit | Dokumentasi pribadi

Just Sharing...

Sudah hampir dua tahun saya pelihara kucing. Bukan kucing ras seperti Angora atau Persia, tapi kucing lokal atau yang biasa disebut kucing kampung. 

Daripada bete sendiri di perantauan, harus cari kesibukan lain sebagai refreshing di luar rutinitas pekerjaan yaitu dengan memelihara kucing. Yang awalnya 3 ekor kucing, yakni Si Priti, Si Prito dan Si Pritu, kini hanya tersisa 2 anabul jantan. 

Menghilangnya kucing betina Si Priti setahun silam, membuat saya jadi lebih protektif pada Prito dan Pritu. Namanya kucing jantan, keduanya jarang di rumah dan hanya nongol bila ingin makan. 

Di awal bulan Oktober lalu, saya mengamati hal yang janggal pada Si Pritu. Dia tidak mau makan dan lebih banyak mengisolasi diri. Dipancing-pancing dengan daging ikan juga dia cuek. 

Saya pikir mungkin lagi bad mood. Semenjak memelihara kucing, saya memang jadi ikutan baca dan browsing seputar dunia hewan satu ini.  Dan ada informasi kalo kucing juga kadang ingin menyendiri dan tak mau diganggu pemiliknya. 

Jadi saya berpikir bisa saja Si Pritu lagi mengalami yang begitu. Toh sebelumnya beberapa bulan lalu, kucing satunya Si Prito juga berperilaku demikian, namun cuma 2 hari dan setelah itu aktif dan bermain kembali. 

Namun setelah 2 hari berlalu, Si Pritu tetap begitu. Makin lemas, tidak mau makan, tidak kuat berjalan dan muntah-muntah cairan bening, napasnya tersengal- sengal. 

Ada apa dengan kucing tersebut? Apa dia mau mati? Saya langsung browsing di internet dan juga di situs perkucingan terkait ciri-ciri dan tanda-tanda kucing peliharaan akan berpulang. 

Busett....bikin kuatir juga. Karena ada sharing pengalaman dari sesama penghobi kucing juga bahwa salah satu tandanya adalah kucing akan menjauh dari pemiliknya dan tak ingin ditemui. 

Saya akhirnya mencari Pritu di gudang atas, dengan tubuhnya yang sudah sangat lemah dan menempatkan di bawah ranjang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan